Yang Bisa Kita Pelajari dari Aksi Pungut Sampah Suporter Timnas Jepang

Kompas.com - 25/06/2018, 15:16 WIB
Penyerang Jepang, Keisuke Honda (tengah). Dok. Twitter FIFA World CupPenyerang Jepang, Keisuke Honda (tengah).

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu viral video yang menampilkan aksi simpatik pendukung tim nasional Jepang yang membersihkan sampah di stadion sesuai pertandingan antara Jepang dengan Kolombia pada pertandingan pembuka grup H Piala Dunia 2018.

Dalam video, terlihat beberapa orang yang mengenakan pakaian timnas Jepang tengah memunguti sampah di bangku penonton, kemudian memasukkannya ke dalam kantong sampah besar.

Bangku-bangku stadion pun bersih kembali seperti semula.

Baca juga: Suporter Jepang dan Senegal Lakukan Aksi Simpatik Pungut Sampah

Ini bukan pertama kalinya para suporter tim berjuluk "Samurai Biru" tersebut menunjukkan tata krama yang amat baik.

Video aksi tersebut viral di media sosial dan kemudian membuat para suporter timnas Jepang mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

Jurnalis yang berbasis di Jepang, Scott McIntyre mengatakan bahwa hal tersebut tak hanya menjadi bagian dari budaya sepak bola namun juga budaya dari Jepang sendiri. Karena itu, McIntyre pun tak kaget dengan aksi positif yang dilakukan mereka di Piala Dunia 2018 itu.

"Kita sering mendengar bahwa sepak bola adalah refleksi dari kebudayaan. Salah satu aspek terpenting dari masyarakat Jepang adalah memastikan semuanya tetap bersih. Ini terjadi di semua gelaran olahraga, termasuk sepak bola," ujar McIntyre kepada BBC.

Kebiasaan sejak kecil

Tak hanya video para suporter Jepang yang viral di media sosial. Video sejumlah fans timnas Senegal saat sedang memunguti sampah juga tersebar luas. Namun, Jepang lah yang mempeloporinya dan mereka telah dikenal banyak orang soal kebiasaan baiknya tersebut.

Hal ini membuat banyak orang asing terkejut saat pergi ke Jepang menghadiri pertandingan sepak bola lokal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X