Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adidas X Parley Kembali Ubah Limbah Plastik Jadi Pakaian Olahraga

Kompas.com - 25/06/2018, 20:20 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sampah plastik yang masuk ke lautan sudah sangat memprihatinkan, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk menguranginya. Salah satu cara yang unik adalah mengubah limbah plastik menjadi barang baru sebelum plastik itu memasuki laut.

Selain berguna, hasil daur ulang itu bisa mencegah samudra dunia menjadi tempat sampah raksasa berisi plastik.

adidas Z.N.E. Hoodieadidas adidas Z.N.E. Hoodie
Adalah adidas, perusahaan produk olahraga yang sedang getol membuat berbagai barang dari plastik daur ulang. Yang terbaru, adidas Athletics merilis pakaian olahraga Z.N.E. Hoodie yang dirajut menggunakan benang limbah plastik olahan Parley Ocean Plastic.

Parley adalah jaringan global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keindahan dan kerentanan lautan kita, serta berkolaborasi dengan proyek yang bisa mengakhiri kerusakan lautan.

Lewat strategi AIR (Avoid, Intercept, Redesign), adidas dan Parley bekerjasama mengubah plastik yang diambil dari daerah pesisir pantai dan lingkungan sekitarnya menjadi sportswear dengan performa tinggi.

Baca juga: Melawan Sampah Plastik dengan Berlari

Dengan dukungan atlet renang Perancis Coralie Balmy dan atlet renang Brasil João de Lucca, kampanye terbaru bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar lebih peduli dengan memilih produk yang ramah lingkungan.

adidas Z.N.E. Hoodieadidas adidas Z.N.E. Hoodie
Dalam kampanyenya, Corie Balmy, mengatakan, “Lautan adalah segalanya buat saya. Di sanalah saya berlatih, berkompetisi, bekerja, dan bersantai. Saya memilih untuk mendedikasikan hidup saya untuk melindunginya," ujarnya.

"Lewat keterlibatan dalam kampanye ini, saya harap bisa meningkatkan kesadaran untuk untuk gerakan ini dan menunjukkan bagaimana inovasi dan olahraga bisa menginspirasi perubahan," lanjutnya.

Baca juga: Adidas Akan Donasikan Hingga 1 Juta Dollar AS untuk Parley

Menurut Balmy, walau menggunakan plastik daur ulang, hoodie buatan adidas dan Parley sangat stylish dan nyaman. "Fakta bahwa hoodie ini membantu melindungi lautan, adalah hal penting untuk nilai-nilai lingkungan hidup yang saya percayai.”

adidas Z.N.E. Hoodieadidas adidas Z.N.E. Hoodie
Dirancang menggunakan teknik body-mapping, hoodie berbobot ringan ini menampilkan struktur rajutan yang menyediakan ventilasi di zona berbeda, fleksibilitas, dan kelenturan sehingga para atlet bisa bergerak dengan leluasa dan nyaman saat memakainya.

adidas Z.N.E. Hoodie Parley tersedia secara online pada tanggal 20 Juni, dan di toko-toko adidas Senayan City, adidas Grand Indonesia, adidas Pacific Place, adidas Pondok Indah Mall, dan adidas Central Park, dari tanggal 27 Juni 2018, seharga Rp 2,3 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com