Kompas.com - 27/06/2018, 08:08 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Setiap orang rentan memiliki kulit kepala berketombe. Namun, tentu memalukan bila saking banyaknya, sampai-sampai ketombe berjatuhan layaknya salju dan singgah pada pundak. Apa sebenarnya penyebab ketombe pada kulit kepala seseorang?

Penelitian yang dilakukan oleh Jiao Tong University kepada 59 partisipan berusia antara 18 hingga 60 mengungkapkan bahwa keberadaan jamur adalah penyebab yang paling sering munculnya ketombe pada permukaan kulit kepala.

Dalam melindungi kulit dari bakteri dan untuk melembapkan kulit, kelenjar keringat memproduksi minyak alami atau yang dikenal dengan sebutan sebum.

Namun, ternyata ada jamur pada kulit kepala manusia (yang bernama malassezia) yang merupakan tipikal jamur pemakan substansi lemak yang terkandung dalam sebum.

Malassezia yang memakan sebum menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak yang justru dapat membuat kulit kepala iritasi hingga akhirnya menghambat metabolisme dan pertumbuhan sel kulit kepala yang baru.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga Penyebab Ketombe

Pertumbuhan sel kulit kepala yang terganggu akan menimbulkan pengelupasan kulit kepala, yang ditandai dengan serpihan kulit mati berwarna putih yang gatal.

Uniknya, kondisi ini juga dipengaruhi oleh daya tahan kulit kepala masing-masing orang. Setiap kulit kepala menghasilkan sebum dan tumbuh jamur pada permukaan kulit kepalanya, namun tidak selalu menjadikan kulit kepala berketombe.

Kondisi ini dikarenakan kulit kepala setiap orang memiliki sensitivitas dan daya tahan yang berbeda terhadap asam lemak yang dihasilkan oleh jamur malassezia.

Faktor-faktor yang menyebabkan lebih rentah ketombean

Beberapa faktor yang diperkirakan dapat meningkatkan risiko kehadiran ketombe pada kulit kepala antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.