Normalkah Hilang Motivasi Kerja Setelah Liburan Panjang?

Kompas.com - 27/06/2018, 12:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Liburan panjang setelah Lebaran telah usai, sebagian besar pekerja sudah kembali ngantor. Namun, faktanya banyak yang kesulitan mengembalikan semangat dan konsentrasi bekerja.

Tak sedikit dari kita yang di depan laptop masih saja membayangkan serunya perjalanan liburan kemarin. Atau mengingat ekspresi bahagia anak ketika naik pesawat.

Para ahli menyebut kondisi tersebut sebagai holiday blues atau post vacation hangover.

Menurut ahli psikiatri Dr.Angelos Halaris, rasa malas dan susah konsentrasi di awal bekerja setelah liburan panjang adalah hal yang normal.

"Selama libur 10-14 hari kita cenderung berlebihan dalam segala hal; makan berlebih, kurang tidur, dan dalam sehari bepergian ke banyak tempat. Itu semua memicu rasa pusing setelah liburan," kata Halaris kepada CNN.

Baca juga: Penyebab Sulit BAB Saat Liburan

Stres berlebih yang dirasakan tubuh, dikombinasikan dengan kontras antara rasa senang setelah liburan dan tumpukan email dan laporan yang harus disusun di kantor, membuat emosi kita tidak stabil.

Bagaimana cara mengatasinya? Pelan-pelan saja. Jalani rutinitas harian seperti sebelum liburan.

"Sadari semua kondisi dan perubahan yang terjadi dan jangan membuat target semuanya akan kembali normal dalam 24 jam," katanya.

Mengatur dan menyiapkan projek yang sedang ditangani sebelum berangkat liburan juga sangat membantu memudahkan kita beradaptasi dari mood liburan ke tugas kantor.





Close Ads X