Kompas.com - 29/06/2018, 06:06 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet jelly adalah salah satu cara cepat menurunkan berat badan tanpa perlu repot. Sesuai dengan namanya, kamu hanya perlu banyak makan jelly alias agar-agar selama melakukan diet ini.

Agar-agar memang tinggi serat yang bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga mencegah menyantap makanan yang aneh-aneh. Namun, apakah cara diet ini efektif dan benar-benar sehat?

Agar-agar dalam diet jelly digunakan sebagai pengganti camilan di sela waktu makan untuk mengganjal perut. Artinya, kamu tetap perlu mengontrol asupan kalori dan mengatur porsi makan harian sementara menjalani diet jelly.

Meski begitu, agar-agar yang digunakan tidak bisa sembarangan. Disarankan makan agar-agar yang rendah kalori dan tanpa gula. Pada umumnya, agar-agar yang dibuat dari bubuk mengandung sekitar 65 kalori. Agar-agar juga termasuk makanan yang bebas lemak.

Baca juga: Diet Tinggi Serat, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Manfaat penurunan berat badan dari diet jelly ini datang dari kandungan gelatin yang mengandung tinggi protein juga serat dari rumput laut. Setengah gelas agar yang dilarutkan (120 ml) bisa mengandung hingga 2 gram protein.

Sementara itu, beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian terbitan jurnal Food Chemistry yang menemukan bahwa alginat, serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat, dapat membantu memperlambat lemak dalam usus hingga 75 persen.

Manfaat lain dari diet jelly

Ilustrasi agar-agar orangeRoxiller Ilustrasi agar-agar orange
Selain berpotensi untuk menurunkan berat badan, diet jelly juga menyimpan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Antara lain:

1. Baik untuk pencernaan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.