Kompas.com - 29/06/2018, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Ada baiknya kamu berpikir dua kali sebelum mengikuti cara Meghan Markle menggunakan sepatu lebih besar untuk menghindari nyeri kaki.

Sebab, membeli sepatu dengan ukuran tak sesuai, entah terlalu besar atau kecil, justru membuat kaki bermasalah.

Dikutip dari Footwearnews, Katie Owen, pendiri label sepatu Sargasso & Grey, mengingatkan, sepatu yang berukuran lebih kecil akan mengakibatkan kaki lecet dan sakit, karena biasanya kaki akan sedikit membesar ketika sering berjalan.

Kondisi kaki yang tidak nyaman itu tak berbeda jauh bila kita mengenakan sepatu dengan ukuran lebih besar.

Biasanya kaki akan tergelincir karena di sepatu terdapat ruang yang membuat jari-jari harus bekerja lebih untuk mencapai sisi-sisi ujung sepatu.

Kondisi itu bila dibiarkan terus-menerus akan membuat sakit dan deformitas seperti hammer toe atau jari kaki palu.

Sementara itu, Ramona Brooks, seorang ahli bedah podiatrik dan anggota American Podiatric Medical Association, menjelaskan ada sederet masalah bila mengenakan alas kaki yang tidak pas.

Dia mencatat, ketika kaki bergerak di sepatu dengan ukuran terlalu besar, maka akan menciptakan gesekan yang sering menyebabkan lecet dan akhirnya kapalan.

Selain itu, ketika jari-jari kaki dipaksa terus mencapai bagian depan sepatu, justru akhirnya bisa terluka.

Baca juga: Demi Kenyamanan, Meghan Pakai Sepatu Kebesaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.