Kompas.com - 29/06/2018, 17:12 WIB
Ahmad Hadiwijaya pendiri Oldblueco, saat berada di gerai pameran Agenda Show 2018, di Long Beach Convention Center, California, AS.  KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOAhmad Hadiwijaya pendiri Oldblueco, saat berada di gerai pameran Agenda Show 2018, di Long Beach Convention Center, California, AS.

KOMPAS.com - "Never in my wildest twenties dream that this passionate project would take me this far..."

Begitu bunyi penggalan kalimat yang ditulis Ahmad Hadiwijaya di salah satu unggahannya di akun Instagram @oldblueco.

Ahmad Hadiwijaya tak lain adalah pendiri Oldblue Co., sebuah perusahaan garmen yang dirintisnya sejak dia masih menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Di tahun 2010, usia pemuda kurus jangkung ini masih 20-an tahun. Namun, kecintaannya pada produk denim, dan minimnya produk dry denim berkualitas di Indonesia, mendorongnya untuk "berkreasi".

"Waktu itu saya impor bahan dari luar, lalu mencoba bikin produk salvage denim, yang beneran bagus lah," kata lelaki yang biasa disapa Yaya ini. 

Baca juga: Kisah Sukses Paradise, Kaus Pride Indonesia yang Tembus Pasar Dunia

"Pertama kali jadi, saya bikin gak banyak cuman 12-an ya, tahun itu saya jual dengan harga Rp 970 ribu... tahun itu loh ya," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga Rp 970 ribu di tahun 2010 bagi kebanyakan orang di Indonesia sulit untuk tidak disebut mahal, apalagi "hanya" kreasi sambilan seorang mahasiswa. 

"Tapi waktu itu laku terjual juga, waktu itu masih jamannya forum, dan kebetulan memang ada komunitas pencinta raw denim," ungkap dia.

Pada setiap produk Oldblue Co. selalu menyertakan tanda kebanggan produksi Indonesia.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Pada setiap produk Oldblue Co. selalu menyertakan tanda kebanggan produksi Indonesia.

Passion yang dia tumpahkan pada kreasi denim yang terinspirasi dari pakaian vintage pekerja Amerika era 1800-1950 tersebut terus berlanjut sejak saat itu.

"Saya lulus kuliah, IPK-nya juga tiga lebih kok, bagus-lah. Tapi ijazah saya akhirnya enggak pernah saya pake," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.