Kompas.com - 01/07/2018, 11:08 WIB
Ilustrasi berselancar di Bali Pilin_PetunyiaIlustrasi berselancar di Bali
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Laut atau wisata air lainnya kerap kali menjadi tujuan wisata favorit bagi sejumlah orang. Ternyata, secara rutin menyaksikan air tak hanya bisa membawa ketenteraman namun juga berdampak baik bagi kesehatan.

Pakar biologi laut, Dr. Wallace J. Nichols, PhD mengatakan bahwa air menutupi lebih dari 70 persen permukaan bumi dan sekitar 70 persen bagian dari tubuh manusia juga terdiri dari air. Hal itu membuat otak kita merespons hubungan biologis tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa melihat air bisa menstimulasi gelombang neurokimia yang mengalir ke otak dan jantung. Hasilnya, kita merasakan relaksasi dan kesehatan.

Namun, bukan itu saja. Suara air juga memberikan efek menenangkan ketika kita merendamkan tubuh kita. Hal ini membantu mengobati berbagai penyakit-penyakit neurologi dan fisik serta meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Sediakan Waktu Rutin ke Pantai, demi Kesehatan Mental

"Hubungan yang intensif dengan air serta melakukan aktivitas air seperti mendayung dan olahraga air mampu meningkatkan kemampun kognitif, emosional, psikologi, sosial, dan kesehatan spiritual," kata Dr. Nichols.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegiatan tersebut juga mampu memberi manfaat yang lebih besar jika kita melakukan olahraga dan kegiatan sosial luar ruangan.

Manfaat yang sama juga didapatkan meski kamu tak mengunjungi laut. Misalnya, dengan intensif berinteraksi dengan danau, sungai atau kolam renang.

Ilustrasi meditasi di tepi kolamBicho_raro Ilustrasi meditasi di tepi kolam
Beraktivitas dalam aktivitas olahraga air juga berpotensi meningkatkan "blue mind".

Blue mind adalah pikiran meditatif yang bisa membawa dampak menenangkan, mendamaikan, persatuan, dan kebahagiaan.

Baca juga: Liburan ke Pantai Bikin Bahagia

Hal ini kebalikan dari "red mind", yang kerap dikaitkan dengan kecemasan, stres dan ketakutan. Perasaan yang kerap dirasakan di kehidupan modern saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.