Benarkah Diet Ketat Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Kompas.com - 03/07/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi rambut rontok AndreyPopovIlustrasi rambut rontok
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rambut rontok adalah kondisi yang sering dialami oleh hampir semua orang. Baik pria, wanita, dewasa, dan anak-anak, bisa mengalami kerontokan rambut.

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok. Namun, benarkah diet jadi salah satu penyebab yang membuat rambut rontok?

Penyebab rambut rontok yang paling umum adalah faktor genetik, masalah hormon yang tidak seimbang, hipotiroid (kelenjar tiroid yang kurang aktif), stres psikologis ataupun fisik, hingga kondisi medis tertentu. Diet juga bisa ikut menyebabkan kerontokan rambut, meski jarang.

Baca juga: Rambut Rontok Pada Pria Bisa Disebabkan Oleh Diet Ini

Tergantung pada jenis diet yang kamu jalani, mengubah pola makan dengan pantang makanan tertentu atau membatasi porsi makan dapat membuat tubuh kekurangan zat gizi atau nutrisi tertentu.

Misalnya saja, zat besi yang banyak ditemukan pada produk daging hewani. Tubuh membutuhkan asupan zat besi yang memadai untuk bisa membawa oksigen ke sel-sel tubuh lewat darah, termasuk ke folikel rambut.

Maka jika kamu seorang vegan atau vegetarian, kamu berisiko mengalami kekurangan zat besi yang membuat rambut cenderung gampang rontok.

Baca juga: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

Selain itu, rambut rontok juga mungkin rentan dialami orang-orang yang menjalani diet rendah protein. Protein adalah pembangun dan penjaga kekuatan sel-sel tubuh, termasuk sel rambut.

Asupan protein yang kelewat rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Beberapa nutrisi lainnya yang diduga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut antara lain adalah zinc dan biotin. Maka, tetap penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh jika tidak mau rambut rontok akibat diet.

Rambut rontok akibat diet dapat dicegah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Pastikan tetap memenuhi sejumlah nutrisi ini selama menjalani diet agar rambut tidak rontok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X