Buang Sampah di Bioskop dan Sulitnya Menjaga Kebersihan

Kompas.com - 03/07/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Sampah yang berserakan di dalam bioskop dan rendahnya kesadaran orang untuk menjaga kebersihan di ruang teater menjadi masalah di banyak negara.

Di Indonesia, persoalan sampah bioskop ini hangat dibicarakan setelah akun Instagram @cinema.21 memposting anjuran bagi para pengunjung bioskop untuk membantu kerja para petugas bioskop dengan cara membuang sampah masing-masing setelah menonton.

Hal yang mengejutkan, tak sedikit warganet yang mempertanyakan dan protes dengan anjuran tersebut.

Alasannya banyak. Mulai dari merasa sudah bayar, beralasan tidak ada sampah terdekat, hingga menganggap "kan sudah ada petugas kebersihan. Nanti apa kerja dia?"

Kolom komentar akun @cinema.21 pun dibanjiri komentar warganet lainnya yang tak habis pikir dengan pola pikir sejumlah pengunjung bioskop yang enggan membuang sampahnya sendiri.

Banyaknya sampah yang harus dibersihkan sering tak berbanding dengan jumlah petugas kebersihan. Terkadang, para petugas itu hanya memiliki waktu sedikit di antara jeda film.

Buang sampah usai menonton

Membuang sampah secara mandiri memang belum jadi kebiasaan di sejumlah negara. Termasuk dalam hal membawa sampah sendiri setelah menonton di bioskop.

Beberapa media baik lokal maupun internasional juga pernah memuat artikel mengenai theater ettiquete alias etiket saat berada di bioskop, yang salah satunya adalah anjuran untuk membuang sampah sendiri.

Laman Reader's Digest, mengingatkan agar pengunjung bioskop tidak meninggalkan popcorn atau makanan lainnya yang mereka bawa ke dalam bioskop, di lantai, kursi, atau area lain.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X