Kompas.com - 03/07/2018, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik kita. Kurang tidur bisa membuat suasana hati memburuk dan mengurangi fokus pikiran.

Jika hal ini terus menerus terjadi, maka kita akan berisiko mengalami obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Tapi terkadang cuaca yang panas membuat kita sulit untuk tidur. Apalagi, di negara tropis seperti Indonesia ini.

Menurut Tobin James, manajer direktur perusahaan produsen peralatan tidur dari UK, temperatur udara yang tinggi akan membuat kita sulit tidur.

"Penting untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan tidur serta melakukan penyesuaian terhadap gaya hidup atau rutinitas untuk mengalahkan udara panas," paparnya.

Dilansir dari laman Express, Tobin James telah memberi beberapa tips agar kita mampu tidur nyenyak meski cuaca sedang panas.

1. Mematikan semua perangkat listrik

Langkah pertama adalah mematikan semua perangkat listrik kita. Lampu dan perangkat yang terhubung ke listrik semuanya mengeluarkan panas.

"Kita tidak hanya akan mendapat manfaat dari suhu ruangan yang lebih nyaman jika mematikan seluruh perangkat, namun juga menghemat listrik," ucapnya.

Menurut Tobin, kita juga bisa meningkatkan kualitas tidur setelah menghilangkan semua hal yang dapat menstimulasi cahaya biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.