Waktu-waktu Wajib Minum Air Putih - Kompas.com

Waktu-waktu Wajib Minum Air Putih

Kompas.com - 06/07/2018, 06:13 WIB
Minum air panasfizkes Minum air panas

JAKARTA, KOMPAS.com — Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah untuk mengatur suhu tubuh, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, mencegah konstipasi, ataupun melarutkan zat gizi ke berbagai bagian tubuh.

Kita sering mendengar anjuran minum minum  delapan gelas sehari. Meski baik diminum kapan pun, kapan saja waktu-waktu wajib untuk minum air putih?

"Saat haus tentunya. Tapi, saat merasa haus biasanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan," kata pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr  Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Ia menjelaskan, haus adalah sinyal bahwa tubuh memerlukan cairan. Dianjurkan kita minum tanpa menunggu rasa haus dan minum secara berkala.

Waktu lainnya adalah sebelum, selama, dan sesudah beraktivitas. Misalnya, saat anak belajar di sekolah. Belajar membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyerap materi pelajaran.

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan konsentrasi menurun sehingga pelajaran tidak bisa terserap dengan baik.

Oleh karena itu, minum air putih diharuskan dilakukan sebelum, selama, dan sesudah beraktivitas. Termasuk ketika melakukan aktivitas olahraga.

"Misalnya, saat olahraga pagi di car free day, keringat keluar sangat banyak, mulai pusing dan otot tegang. Itu tanda awal kekurangan mineral," tutur Diana.

Baca juga: Bahayanya Diet Hanya Minum Air Putih Saja, Tanpa Makan

Waktu wajib lainnya untuk minum air putih adalah sebelum tidur. Sebab, durasi tidur malam kira-kira 7-8 jam sehingga tubuh akan melalui waktu yang cukup panjang sebelum waktu minum berikutnya.

Di samping menghindari dehidrasi, minum sebelum tidur juga bisa membuat gigi lebih bersih.

"Kadang saat bangun merasa pusing, itu karena dehidrasi ringan. Tubuh kekurangan cairan saat tidur," ujar Diana.

Tapi, sekali lagi, ingatlah untuk minum secara berkala dan minum sebelum haus. Tidak perlu menghindari minum karena malas pergi ke kamar mandi, ya!


Komentar
Close Ads X