Kompas.com - 06/07/2018, 07:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com- IKEA Indonesia memberikan kesempatan kepada tiga UKM (usaha kecil menengah) Indonesia untuk memamerkan karya-karya kreatifnya mulai dari 6 - 8 Juli 2018 di IKEA, Alam Sutera, Tangerang.

Pameran yang diberi nama Teras Indonesia ini merupakan kerjasama antara IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Tiga UKM yang terpilih itu adalah —Cempaka Craft, Naureen Krakatau Craft dan La Suntu Tastio.

Lalu, apa yang menarik dari ketiga UKM tersebut?

Cempaka Craft

Cempaka Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang. Dok. IKEA Indonesia Cempaka Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang.

Cempaka Craft merupakan UKM yang mengkhususkan diri dalam membuat aneka kerajinan tangan kreatif berbahan dasar kain perca dan limbah penjahit yang dijadikan aneka tas, dompet hingga lukis perca. 

UKM asal Jakarta ini didirikan oleh Ida Ningish pada tahun 2014, yang merupakan perpanjangan dari UKM  Cempaka Cookies & Snack yang memproduksi camilan dan kue-kue kering untuk keperluan Lebaran. 

Ningsih kemudian mengembangkan usahanya ke bidang kerajinan tangan dan diberi label Cempaka Craft.

Naureen Krakatau Craft

Naureen Krakatau Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang. Dok. IKEA Indonesia Naureen Krakatau Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang.

UKM satu ini dimulai dari keinginan pendirinya, Tin Wiyati Fauzan, meningkatkan penghasilan dari kegemaran dan hobi membuat aksesoris.

Dimulai pada tahun 2013, Tin mengajak masayarakat sekitar rumah, terutama ibu rumah tangga dan belajar, dalam usaha rumahan ini. Tujuannya agar mereka mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif, sehingga menambah pendapatan keluarga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.