Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2018, 07:22 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com- IKEA Indonesia memberikan kesempatan kepada tiga UKM (usaha kecil menengah) Indonesia untuk memamerkan karya-karya kreatifnya mulai dari 6 - 8 Juli 2018 di IKEA, Alam Sutera, Tangerang.

Pameran yang diberi nama Teras Indonesia ini merupakan kerjasama antara IKEA Indonesia dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Tiga UKM yang terpilih itu adalah —Cempaka Craft, Naureen Krakatau Craft dan La Suntu Tastio.

Lalu, apa yang menarik dari ketiga UKM tersebut?

Cempaka Craft

Cempaka Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang. Dok. IKEA Indonesia Cempaka Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang.

Cempaka Craft merupakan UKM yang mengkhususkan diri dalam membuat aneka kerajinan tangan kreatif berbahan dasar kain perca dan limbah penjahit yang dijadikan aneka tas, dompet hingga lukis perca. 

UKM asal Jakarta ini didirikan oleh Ida Ningish pada tahun 2014, yang merupakan perpanjangan dari UKM  Cempaka Cookies & Snack yang memproduksi camilan dan kue-kue kering untuk keperluan Lebaran. 

Ningsih kemudian mengembangkan usahanya ke bidang kerajinan tangan dan diberi label Cempaka Craft.

Naureen Krakatau Craft

Naureen Krakatau Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang. Dok. IKEA Indonesia Naureen Krakatau Craft dalam pameran Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera, Tangerang.

UKM satu ini dimulai dari keinginan pendirinya, Tin Wiyati Fauzan, meningkatkan penghasilan dari kegemaran dan hobi membuat aksesoris.

Dimulai pada tahun 2013, Tin mengajak masayarakat sekitar rumah, terutama ibu rumah tangga dan belajar, dalam usaha rumahan ini. Tujuannya agar mereka mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif, sehingga menambah pendapatan keluarga.

Produk kerajinan unggulan mereka aksesoris dari batu alam, manik-manik, kulit kerang, clay, sulam, seni perca, rajut, crochet, decoupage, melukis minyak dan acrylic, tas serta  dompet. Naureen Krakatau Craft juga memberikan pelatihan dan bimbingan bagi peserta UKM. 

La Suntu Tastio

Didirikan pada tanggal 18 Desember 2010 di Depok Jawa Barat oleh Indari, La Suntu Tastio mulanya bergerak di bidang pembuatan tas, yang terbuat dari bahan tenun, kulit dan batik. 

Bahan bakunya didapatkan langsung dari pengrajin tenun dan batik yang ada di beberapa daerah di Nusantara. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kini produk La Suntu Tastio semakin diminati, karena memiliki model dan motif lebih bervariasi serta tren terkini. 

“Kami sangat berharap dengan kegiatan UKM ini, kami dapat turut berpartisipasi dalam  melestarikan budaya Nusantara Indonesia dengan memperkenalkan aneka kreasi  berbahan batik, tenun, asesories dan produk kreatif lainnya,” ungkap Indari.

Diminati 

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia mengatakan, IKEA Indonesia konsisten melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan produk-produk UKM yang sangat unik dan khas, juga digemari oleh para pengunjung. 

“Ini merupakan pameran Teras Indonesia dimana produk pada pameran tersebut juga dapat dibeli oleh pengunjung IKEA. Kesempatan ini dapat menjadi tujuan unik berbelanja di IKEA Alam Sutera selama libur akhir pekan,” ungkap Eliza kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com