Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Trik Packing Praktis untuk Liburan Akhir Pekan

Kompas.com - 06/07/2018, 12:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir pekan tiba! Mungkin kamu sudah merencanakan liburan singkat bersama keluarga atau kerabat.

Meskipun singkat, namun tak sedikit yang masih kesulitan meringkas barang bawaannya. Padahal, barang bawaan yang terlalu banyak saat liburan akan menjadi beban, apalagi jika kita bepergian menggunakan moda transportasi udara.

Mantan editor fesyen dan founder The Style Traveller, Bonnie Rakhit berbagi tipsnya, apa yang perlu dan tidak perlu kita bawa saat bepergian serta bagaimana kita harus mengepak pakaian saat liburan.

1. Pak baju dengan hanger

"Baju yang kusut adalah hal terburuk. Jadi, aku sering mengepak baju-baju bersama dengan hangernya. Seperti apa yang dilakukan para stylist sebelum sesi foto," kaya Rakhit.

Ia menyarankan agar baju hanya dilipat satu atau dua kali di bagian tengah. Ketika tiba di tempat menginap, gantunglah baju-baju yang kita bawa untuk meminimalisasi kusut.

Sebagai tambahan, bagi kamu yang memiliki setrikaan berukuran kecil (travel size) juga bisa membawanya saat liburan.

2. Simpan perlengkapan mandi dalam satu kantong

Rakhit mengatakan dirinya selalu menyimpan peralatan mandi yang sering dibawa saat traveling di kantong yang sama. Sehingga, ketika harus tiba-tiba pergi, ia cukup mengambil kantong itu tanpa harus kelupaan barang-barang penting. Misalnya, tabir surya dan sikat gigi.

Baca juga: Bingung Pilih Baju Saat Liburan? Ayo, Tampil Gaya dengan Kaus Putih

3. Sesuaikan busana dengan destinasi

Sebelum bepergian, Rakhit selalu melakukan riset tentang tempat yang dikunjunginya. Karena gemar mengunggah foto di Instagram, Rakhit amat mementingkan sisi estetika sebuah foto. Termasuk keseragaman busananya dengan destinasi yang dituju.

"Misalnya, jika aku pergi ke Santorini (Yunani), aku akan bawa pakaian-pakaian bernuansa biru langit dan putih. Jika ke Marrakesh (Maroko), aku akan bawa pakaian oranye terang dan warna-warna berry untuk mengimbangi warna terakota kota tersebut," ujar Rakhit.

4. Pelindung matahari

Kita bisa jadi belum begitu familier dengan cuaca di lokasi liburan tersebut. Selain tabir surya, bawalah sepasang kacamata hitam. Jangan lupa membawa wadah khusus untuk melindungi kacamata tersebut dengan aman.

Rakhit bahkan memberi perlindungan lebih terhadap kacamatanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com