Kompas.com - 07/07/2018, 18:53 WIB

KOMPAS.comObesitas atau kegemukan pada anak kian meningkat, tak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Dikutip dari laman Meetdoctor.com, angka kejadian balita gemuk tertinggi di Indonesia terjadi di DKI Jakarta, yakni 30 persen dari jumlah keseluruhan.

Kegemukan pada anak akan berdampak pada kesehatan fisik maupun psikologis pada masa kanak-kanak dan saat dewasa kelak.

Penyebab utama kegemukan adalah akibat ketidakseimbangan asupan dan penggunaan energi yang berkaitan erat dengan gaya hidup, aktivitas fisik, dan pilihan jenis makanan.

Orangtua berperan sangat penting dalam mencegah kegemukan pada anak. Peran orangtua adalah memberikan contoh yang baik mengenai gaya hidup yang sehat, pilihan jenis makanan, dan kegiatan fisik.

Selain itu, gaya pemberian makan anak juga sangat berperan.

Kita sering mendengar mitos mengenai makanan-makanan yang membuat anak gemuk.

Berikut mitos dan fakta terkait makanan yang bisa membuat anak obesitas yang dirangkum dalam infografik di bawah ini, disarikan dari artikel "Mitos dan Fakta Makanan yang Bikin Anak Obesitas":

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Fakta dan Mitos Makanan yang Bikin Anak Obesitas


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.