Viral, Benarkah Larutan "Micin" Bikin Tanaman Subur? - Kompas.com

Viral, Benarkah Larutan "Micin" Bikin Tanaman Subur?

Kompas.com - 09/07/2018, 15:04 WIB
Ilustrasi Tanaman hias dalam ruanganThe Sill Ilustrasi Tanaman hias dalam ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan lalu, beberapa akun di media sosial mengunggah status tentang larutan vetsin alias micin yang bisa membuat tanaman lebih subur.

Sebenarnya, soal larutan micin bisa menjadi penyubur tanaman telah mencuat lama. Namun, ramai kembali beberapa waktu belakangan ini.

Sementara, pada Mei 2018, akun Instagram milik Apria, @apria_wi, mengunggah sebuah video yang menyebutkan bahwa air larutan vetsin (MSG) dapat menyuburkan tanaman.

Banyak yang berkomentar tentang video ini.

Baru 2 minggu nyiram pake larutan micin, suerrr deh itu bunga langsung say hello ke aku. Apalagi di video terakhir itu tanaman udh tinggal 5 cm doank daunnya yang tersisa, mau mati, emejing jadi subur segar bugar begitu,” tulis Apri di unggahannya.

Baca juga: Benarkah Efek Micin Seburuk Itu?

Tidak sulit untuk membuat larutan tersebut, cukup sediakan air dan bubuk vetsin yang akan digunakan.

Apri menggunakan seperempat bungkus bubuk vetsin kemasan 250 gram pada setengah ember air berukuran sedang, kemudian diaduk hingga kristal MSG terlarut.

Micin awal-awal jangan terlalu banyak, biar tanaman gak kaget,” tulisnya dalam video kedua yang diunggah.

 

Holaaa masih pada DOYAN MICIN ya, sampai skrg masih suka byk yg mention n dm k aq hasil keajaiban micin ini. MICIN atau MECIN atau apalah ya. Ini resep sudah banyak dipake juga sama mama2 pecinta rumah & tanaman. Alhasil percaya g percaya ehhh aq coba juga deh . Baru 2 minggu nyiram pake larutan micin ... suerrr deh itu bunga langsung say hello ke aq ???? apalagi d video terakhir itu tanaman udh tinggal 5 cm doank daunny yg tersisa mau mati, emejing jadi subur seger bugar begitu . Awal2 pemberian micinny jgn byk2, buat perkenalan dulu biar gak kaget alias takut gak kuat . Mama2kece lainnya ada yg sudah menerapkan ini ? Cuap2 dunk kasih tau juga hasilnya klo pke si micin . #inichtipsria #rumahdantaman #tanamanhias #tanamanindoor #tanamanbikinhepi #rumahimpian #rumahminimalis #ibuibu #mamamuda #mamakece #rumahsederhana #inspirasirumah #inspirasitaman #inspirasikamar #iderumah #tipscantik #tipsdekorasi #rumahku #baitijannati #rumahshabby #rumahcantik #tanamannarsis #tanamanunik #generasimicin #dekorasirumahminimalis #dekorasirumah #kamarmandi #renovasirumah #diyindonesia

A post shared by Apria • (@apria_wi) on May 12, 2018 at 6:08pm PDT

Pada keterangan unggahan itu, Apri juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menyiramkan larutan vetsin pada tanaman.

Atas informasi yang ia sampaikan, banyak netizen yang memberikan komentar di unggahan tersebut, sebagian dari mereka membenarkan apa yang disampaikan oleh Apri.

Tanaman Anggrek saya berbunga terus dan daun-daunnya lebat banget karena saya kasih micin, 1 minggu 2 kali aja,” tulis akun @shaqueenaalthea.

Benarkah larutan micin bisa menyuburkan tanaman?

Kompas.com mengonfirmasi mengenai kebenaran larutan micin bisa menyuburkan tanaman kepada Ahli Kimia Tanah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr. Ir. Eko Hanudin, MP.

Eko membenarkannya.

“Iya terutama untuk tanaman pangan dan sayur-sayuran,” ujar Eko kepada Kompas.com, Senin (9/7/2018).

Ilustrasi MSG Ilustrasi MSG
Menurut Eko, kandungan di dalam MSG bisa berperan banyak dalam menyuburkan tanaman.

"(MSG) Mengandung hara Fe, S, Ca, Mg, Mo, Na, P, K dan N," kata dia.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Micin, Serbuk Penuh Kontroversi

Dalam ilmu pengetahuan, air larutan MSG disebut sebagai Monosodium Glutamate Wastewater (MSGW).

Banyak jurnal penelitian yang menjelaskan tentang manfaat MSGW, salah satunya berjudul "Impacts of Monosodium Glutamate Industrial Wastewater on Plant Growth and Soil Characteristics" dari Yenepoya Research Center, Yenepoya University, India.

MSGW dapat digunakan sebagai sumber nutrisi pada tanaman karena merupakan air limbah organik yang kaya akan kandungan nutrisi.

Larutan ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan penggunaan yang moderat atau tidak berlebihan.

MSGW mengandung nitrogen (N), karbon organic (organic C), zat padat, dan kandungan mineral lain.

Kandungan-kandungan itu membantu menyuburkan tanah sebagai tempat tanaman hidup.

Menyiramkan MSGW pada tanaman dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah dan memperbaiki proses pernafasan tanah itu sendiri.

Hal itu yang kemudian berpengaruh pada kesuburan tanaman yang ditanam pada tanah yang disiram MSGW.

Kompas TV Tanaman laos alias lengkuas banyak tumbuh di pekarangan pedesaan di Purworejo, Jawa Tengah, yang bisa diolah jadi serundeng




Close Ads X