Kompas.com - 11/07/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi kulkas cyano66Ilustrasi kulkas

KOMPAS.com - Hampir sebagian besar buah dan sayur membusuk sebelum waktunya karena proses penyimpanan yang kurang tepat. Cara penyimpanan yang tidak baik juga bisa membuat makanan segar ini dengan cepat kehilangan nutrisinya.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut tips dan trik menjaga beberapa buah dan sayur agar tetap segar.

  • Berries: Bilas dengan cuka

Ilustrasi buah Berries.Shutterstock Ilustrasi buah Berries.

Sebelum disimpan di lemari es, cuci stroberi, raspberry, dan buah beri lainnya dengan campuran cuka dan air—rasionya 1: 3. 

Cara ini untuk menghindari jamur, sehingga dapat memperpanjang umur simpan hingga sepekan.  Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan. 

  • Selada: Simpan dengan paper towel

Pekerja memanen sayuran selada di lahan pertanian hidroponik milik PT Hidroponik Agrofarm Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2017). Sebagian pelaku usaha pertanian setempat menggunakan metode pertanian hidroponik (media tanam air) karena biaya operasional hariannya lebih efisien sekitar 80 persen, produktivitas hampir dua kali lipat, dan dengan harga jual hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan pertanian konvensional dengan media tanah.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Pekerja memanen sayuran selada di lahan pertanian hidroponik milik PT Hidroponik Agrofarm Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2017). Sebagian pelaku usaha pertanian setempat menggunakan metode pertanian hidroponik (media tanam air) karena biaya operasional hariannya lebih efisien sekitar 80 persen, produktivitas hampir dua kali lipat, dan dengan harga jual hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan pertanian konvensional dengan media tanah.

Simpan sisa daun selada dalam mangkuk dengan paper towel di atasnya. Kemudian tutup dengan bungkus plastik.  Paper towel menyerap kelembapan, yang mengubah daun menjadi basah dan cokelat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan ganti paper towel ketika lembap. Cara lain yang bisa digunakan adalah taburkan daun dengan sedikit garam. 

  • Alpukat: Siram dengan lemon

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat

Alpukat mengandung enzim yang menghasilkan pigmen coklat ketika terkena oksigen. Itulah mengapa alpukat yang dibelah dua terlihat tidak menarik perhatian apabila tidak segera disimpan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.