Tips Persiapan Ikut Lomba Lari Bagi Pemula ala Melanie Putria - Kompas.com

Tips Persiapan Ikut Lomba Lari Bagi Pemula ala Melanie Putria

Kompas.com - 11/07/2018, 10:03 WIB
Pembawa acara Melanie Putria.GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.com Pembawa acara Melanie Putria.

JAKARTA, KOMPAS.com - Putri Indonesia 2002 sekaligus presenter Melanie Putria sudah cukup lama menekuni olahraga lari. Selain rutin berlatih lari, ia juga melakukan latihan kekuatan (strength training) di sela olahraga lari.

"Kalau aku karena sudah di level medium biasanya aku tambah strength training yang aku lakukan di gym atau di rumah," ujar Melanie saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia pun berbagi tips bagi para pelari pemula yang berkeinginan serius menekuni olahraga tersebut, bahkan ingin mengikuti lomba.

Pertama, kita harus memulainya dengan rutin berlari setidaknya 2-3 kali seminggu.

Hal lainnya adalah bergabung dengan komunitas lari. Bergabung dengan komunitas lari menurutnya memiliki banyak manfaat bagi para pelatih pemula.

Komunitas lari biasanya memiliki jadwal latihan rutin bersama. Sehingga seseorang yang baru mulai serius menekuni lari akan lebih termotivasi.

Baca juga: Cerita Melanie Putria yang Alami Baby Blues dan Pulih dengan Lari

Melanie menambahkan, lari juga memiliki teknik-teknik tertentu. Meskipun kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa lari adalah olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan teknik rumit.

Menurutnya, bergabung dengan komunitas juga sangat bermanfaat, apalagi ketika kita ingin mengikuti lomba lari.

Seorang pelari otodidak, kata Melanie, lebih berisiko mengalami cedera di tengah jalan karena kurangnya pengetahuan.

"Nanti jadinya malah stop lari, enggak suka lagi sama lari. Hal-hal seperti itu harus dihindari. Jadi penting juga punya lingkungan yang juga mendukung, misalnya komunitas. Support ilmu dan informasi," ujarnya.


Komentar
Close Ads X