Kompas.com - 11/07/2018, 10:03 WIB
Pembawa acara Melanie Putria. GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.comPembawa acara Melanie Putria.

JAKARTA, KOMPAS.com - Putri Indonesia 2002 sekaligus presenter Melanie Putria sudah cukup lama menekuni olahraga lari. Selain rutin berlatih lari, ia juga melakukan latihan kekuatan (strength training) di sela olahraga lari.

"Kalau aku karena sudah di level medium biasanya aku tambah strength training yang aku lakukan di gym atau di rumah," ujar Melanie saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia pun berbagi tips bagi para pelari pemula yang berkeinginan serius menekuni olahraga tersebut, bahkan ingin mengikuti lomba.

Pertama, kita harus memulainya dengan rutin berlari setidaknya 2-3 kali seminggu.

Hal lainnya adalah bergabung dengan komunitas lari. Bergabung dengan komunitas lari menurutnya memiliki banyak manfaat bagi para pelatih pemula.

Komunitas lari biasanya memiliki jadwal latihan rutin bersama. Sehingga seseorang yang baru mulai serius menekuni lari akan lebih termotivasi.

Baca juga: Cerita Melanie Putria yang Alami Baby Blues dan Pulih dengan Lari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melanie menambahkan, lari juga memiliki teknik-teknik tertentu. Meskipun kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa lari adalah olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan teknik rumit.

Menurutnya, bergabung dengan komunitas juga sangat bermanfaat, apalagi ketika kita ingin mengikuti lomba lari.

Seorang pelari otodidak, kata Melanie, lebih berisiko mengalami cedera di tengah jalan karena kurangnya pengetahuan.

"Nanti jadinya malah stop lari, enggak suka lagi sama lari. Hal-hal seperti itu harus dihindari. Jadi penting juga punya lingkungan yang juga mendukung, misalnya komunitas. Support ilmu dan informasi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.