Kompas.com - 12/07/2018, 14:02 WIB
Penumpang obesitas. ThinkstockPenumpang obesitas.

KOMPAS.com - Obesitas alias sangat gemuk menjadi salah satu dari 10 faktor utama yang berkontribusi pada beban penyakit di 2016.

Padahal, masyarakat modern saat ini hidup dalam lingkungan yang termasuk Obesogenic Environment (lingkungan penyebab obesitas).

"Ada istilah Obesogenic Environment, sebuah lingkungan dimana tanpa kita melakukan apapun lingkungn tersebut sudah membuat kita tidak sehat atau menumpuk lemak lebih banyak," kata Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC.

Hal itu disampaikan Aldis pada acara media gathering Nutrifood di Bavarian House, Bogor, Rabu (11/7/2018).

Generasi millenial termasuk generasi yang terpapar Obesogenic Enviroment. Apalagi, millenial adalah generasi pertama yang sejak kecil sudah rentan terpapar obesitas.

Aldis menambahkan, ada beberapa kondisi yang berkontribusi pada obesitas ini.

1. Kurangnya aktivitas fisik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minimnya aktivitas fisik masyarakat kekinian menyumbang risiko obesitas.

Sekilas kita mungkin melihat peningkatan tren olahraga di kota-kota besar. Namun, tak semua yang pergi ke gym atau berolahraga memang melakukannya dengan serius. Banyak juga yang mendaftar ke klub kebugaran karena tuntutan gaya hidup.

"Ada yang merasa ngetren karena olahraga. Ada pula yang melakukan olahraga agar bisa menikmati makanan sebebas-bebasnya sebagai reward setelah berolahraga," ujarnya.

Baca juga: INFOGRAFIK Kesehatan: Mitos dan Fakta Makanan yang Bikin Anak Obesitas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.