Tahun Ajaran Baru, Ini yang Terjadi di Situs Belanja Tokopedia - Kompas.com

Tahun Ajaran Baru, Ini yang Terjadi di Situs Belanja Tokopedia

Kompas.com - 12/07/2018, 21:00 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia meningkat tajam.

Berdasarkan data, tempat pensil, buku tulis, dan pulpen menjadi tiga kata kunci yang paling banyak dicari.

Selain tiga produk tersebut, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia juga mengalami peningkatan.

Misalnya, penjualan tas anak sekolah meningkat lebih dari 17 kali lipat, penjualan botol minum meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Lalu penjualan buku tulis meningkat hampir delapan kali lipat, penjualan pensil/kotak pensil meningkat lebih dari tujuh kali lipat dan penjualan pulpen meningkat hampir tujuh kali lipat.

Baca juga: Ada Label Restoran Padang hingga Mi Instan dalam Koleksi Goods Dept x Tokopedia

Salah satu penjual perlengkapan sekolah di Tokopedia Vonny Sataputeri mengaku, omzet menjelang tahun ajaran baru meningkat signifikan.

“Juli ini naik mencapai Rp 60-70 juta per bulan,” kata Vonny dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Kamis (12/7/2018).

Karena itu, pihaknya juga sejak jauh hari sudah menyiapkan persediaan barang guna menghadapi permintaan yang bisa melonjak hingga 100 persen jelang tahun ajaran baru.

Dia melanjutkan, stok diperbanyak untuk perlengkapan sekolah dan produk pendampingnya.

"Misalnya tas sekolah dengan bag tag-nya karena semakin lengkap semakin nyaman untuk pembeli berbelanja di toko kita, ya jadi one-stop solution, enggak perlu susah-susah lagi nyari,” jelas Vonny.

Setiap menjelang tahun ajaran baru, data Tokopedia sendiri menunjukkan adanya peningkatan transaksi pada sejumlah barang kebutuhan sekolah.

Baca juga: Investasi Reksa Dana di Tokopedia Cukup dengan Rp 10.000


Associate Vice President Tokopedia – Seller Experience Garri Juanda menjelaskan, peningkatan penjualan perlengkapan sekolah ini merefleksikan semakin tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap belanja online.

"Untuk itu, momentum seperti tahun ajaran baru ini menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para penjual," kata dia.

Komentar
Close Ads X