Susu Cokelat Ampuh Kembalikan Energi Pasca Olahraga - Kompas.com

Susu Cokelat Ampuh Kembalikan Energi Pasca Olahraga

Kompas.com - 13/07/2018, 18:00 WIB
Ilustrasi olahraga pagiDragonImages Ilustrasi olahraga pagi

KOMPAS.com - Mengonsumsi susu cokelatrupanya memiliki manfaat yang sama dengan minuman khusus untuk olahraga.

Berdasarkan riset, atlet yang minum susu cokelat selama dan setelah berolahraga akan kembali merasa berenergi seperti mengonsumsi minuman olahraga.

Riset sebelumnya membuktikan apa yang dikonsumsi selama dan sesudah latihan intensif, dapat mempengaruhi otot dan kecepatan tubuh mengganti cairan elektrolit yang hilang selama aktivitas.

Banyak riset menilai apakah minuman dengan karbohidrat, elektrolit, atau protein dapat membantu pemulihan pasca olahraga.

Channel News Asia memberitakan, riset tersebut telah dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Demi hasil yang maksimal, periset menganalisis data dari 12 penelitian kecil.

Baca juga: 6 Tips Olahraga Saat Cuaca Panas

Riset tersebut membandingkan bagaimana susu cokelat mempengaruhi beberapa penanda pemulihan olahraga, dibandingkan dengan minuman plasebo atau minuman berenergi.

Para atlet yang didominasi oleh atlet lari dan sepeda diminta untuk melakukan tes olahraga.

Setelah itu, peneliti melihat tanda pemulihan seperti melihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk merasa lelah selama latihan, tingkat tenaga yang dikeluarkan, dan denyut jantung.

Peneliti juga memeriksa tingkat asam laktat dan enzim yang dikenal sebagai creatine kinase dalam darah, yang keduanya meningkat dnegan aktivitas intensif.

Hasil riset menemukan konsumsi susu cokelat dapat memperlambat datangnya rasa lelah dan meningkatkan pengerahan tenaga, detak jantung atau tingkat asam laktat dalam darah sama halnya dengan minuman penambah energi.

Menurut Dr. Amin Salehi-Abargouei, selaku pemimpin riset, susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit, dan beberapa vitamin.

"Kandungan tersebut membuat minuman ini menjadi pilihan yang baik untuk pemulihan para atlet," papar dia.

Berdasarkan laporan periset, susu cokelat bisa menjadi pilihan lebih baik daripada minuman alternatif.

Minum susu cokelat bisa menghambat rasa lelah hampir 60 detik lebih lama dibandingkan dengan minuman plasebo bebas nutrisi.

Baca juga: Simak, 9 Alasan Sehat untuk Berhenti Minum Soda

Minum susu cokelat juga bisa menghambat rasa lelah enam menit lebih lama daripada minuman olahraga.

Berdasarkan hasil riset, tingkat asam laktat yang merupakan indikasi pengerahan tenaga, lebih rendah untuk peminum susu cokelat, daripada orang-orang yang mengonsumsi minuman plasebo.

" Susu cokelat adalah pilihan yang murah, lezat, dan enak untuk pemulihan dan memberikan efek yang sama atau lebih unggul dibandingkan dengan minuman komersial," kata Salehi-Abargouei.

Namun, riset ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi lebih dalam manfaat susu cokelat.

Menurut Kim Spaccarotella, peneliti biologi di Kean University  New Jersey, atlet juga mungkin bisa meningkatkan pemulihan tanpa susu cokelat.

"Setiap makanan yang menyediakan karbohidrat, protein, cairan dan elektrolit. Jika ditoleransi dengan baik akan membantu pemulihan," kata Spaccarotella.

Selain susu cokelat, kata Spaccarotella, pilihan populer lainnya adalah sereal dengan susu, smoothies, sandwich, atau sup.

Makanan kecil juga memiliki manfaat yang sama jika atlet merasa lapar.

Mike Saunders, direktur Laboratorium Kinerja Manusia di James Madison University, Virginia mengatakan efektifitas susu cokelat tergantung pada alternatif yang dipertimbangkan.

Sanders mencontohkan air putih biasa sebagai perbandingan.

Menurut dia, air putih biasa tidak akan efektif untuk meningkatkan energi, perbaikan otot dan mengembalikan cairan tubuh.

Air putih biasa tidak mengandung karbohirat dan protein, serta memiliki kandungan elektrolit yang rendah dibandingkan susu cokelat.

"Minuman olahraga memiliki karbohidrat dan elektrolit, tetapi biasanya tidak mengandung protein," tambah dia.

Baca juga: Jangan Kelebihan Minum Multivitamin, Bisa Bahaya

Menurut dia, pilihan terbaik untuk minuman pemulihan usai berolahraga sangat tergantung pada individu dan jenis olahraga yang dilakukan.

"Seseorang yang berolahraga di gym selama 20 menit mungkin disarankan untuk minum segelas air setelah latihan," kata Saunders.


Hal ini dilakukan untuk mengatur berat badan mereka dan membakar kalori yang tidak perlu.

Namun, pelari jarak jauh yang telah berlari dengan jarak 24 kilometer dengan medan yang sulit dan harus mengikuti sesi interval intensitas tinggi, bisa mendapatkan manfaat maksimal dengan meminun susu cokelat ini.

Komentar
Close Ads X