Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eiger Gelar Kursus Dasar Gunung dan Hutan, Tertarik Ikut?

Kompas.com - 15/07/2018, 11:38 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebagai label busana outdoor, Eiger tak hanya fokus pada penjualan, tapi juga lingkungan dan para penggiatnya, yakni mereka yang mencintai kegiatan alam bebas dan petualangan dengan sepenuh hati.

Rasa peduli Eiger diwujudkan dalam bentuk pemberian edukasi tentang pengetahuan berkegiatan alam bebas yang aman dan nyaman.

Dalam keterangan pers kepada Kompas.com, sejak tahun 2002 lewat Eiger Adventure Service Team (EAST), label asal Bandung itu rutin menggelar Mountain and Jungle Course (MJC) atau bisa diartikan sebagai “kursus dasar gunung dan hutan”.

Tahun ini, Eiger MJC digelar di kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut, pada tanggal 15-22 Juli 2018. 

Materi yang akan disampaikan kepada peserta meliputi etika di alam bebas, perencanaan perjalanan, perlengkapan dan perbekalan, navgiasi medan, teknik dan praktek survival hingga pertolongan pertama gawat darurat.

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anggota organisasi pecinta alam atau organisasi umum lainnya, instansi pemerintah, umum dan perorangan. 

Pendaftaran sendiri sudah dibuka secara nasional sejak 26-30 Juni 2018. 

Setelah itu, para pendaftar diseleksi secara internal berdasarkan kriteria yang memenuhi persyaratan, seperti usia, gender, sebaran domisili dan lainnya hingga pihak Eiger mengumumkan daftar peserta yang lolos seleksi pada 4 Juli 2018 sebanyak 75 orang.

 “Kami berharap dengan rutinnya penyelenggaraan MJC tiap tahun para pecinta kegiatan petualangan alam bebas makin sadar pentingnya kelengkapan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan,” ungkap Galih Donikara, Koordinator EAST, sekaligus Penanggung Jawab Kegiatan MJC 2018.

Selain itu, tambah Doni, ia berharap para peserta juga dapat menerapkan keterampilan khusus, kecerdasan, serta daya juang tinggi untuk menghadapi kegiatan petualangan yang memiliki resiko tinggi apabila tidak dipersiapkan dengan baik.

Baca juga: Pendaki Pemula, Ini Daftar Alat Naik Gunung dan Bujet yang Perlu Disiapkan

Karena dalam kegiatan ini para peserta akan berhadapan langsung alam bebas dengan segala tantangan dan resikonya, maka lokasi pun menjadi hal penting. 

Dalam pelaksanaannya, MJC terus berpindah lokasi setiap tahunnya mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Dua tahun terakhir, MJC mengambil lokasi di Gunung Arjuno, Jawa Timur (2016) dan Gunung Moreno, Sulawesi Selatan (2017). Kali ini, MJC kembali ke tanah pasundan. 

“Kawasan Taman Buru Masigit Gunung Kareumbi sangat memenuhi syarat sebagai arena pelatihan gunung hutan, karena mempunyai semua kelengkapan alam yang menarik dan menantang,” ujar Galih.

“Intinya, acara ini bukan untuk gaya-gayaan, adu kekuatan, tapi belajar bagaimana cara bermain yang baik di alam bebas. Karena yang jauh lebih penting dari semua ini adalah pulang ke rumah dengan selamat,” tutupnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com