Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2018, 16:19 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Memperhatikan waktu makan malam selama ini lebih dikaitkan dengan upaya penurunan berat badan. Namun, menurut temuan terbaru waktu makan malam juga berhubungan dengan risiko kanker.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cancer mengungkap korelasi antara waktu makan malam dengan risiko kanker. Dalam hal ini adalah kanker payudara dan prostat yang menjadi penyebab kematian tertinggi pada pria dan wanita.

Disebutkan bahwa seseorang yang makan sebelum jam sembilan malam, atau beberapa jam sebelum tidur mengalami penurunan risiko kanker 20 persen daripada mereka yang makan di atas jam 10 malam.

Kehidupan modern telah mengakibatkan pola tidur dan jam makan bergeser. Kondisi tersebut dianggap berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Penelitian ini memang dilakukan terhadap orang kaukasia dengan pola hidup yang tentu saja berbeda dengan orang dari belahan dunia lain. Dengan kata lain, studi ini belum tentu bisa diterapkan di negara lain.

Studi ini dilakukan dengan mengikuti kebiasaan makan ribuan orang, termasuk waktu mereka makan malam, dan apakah para responden itu menderita kanker selama kurun waktu penelitian.

Belum jelas apa kaitan antara waktu makan malam dengan risiko kanker, tetapi irama sirkadian ditengarai punya peran besar.

Irama sirkadian adalah "jam biologis" yang mengatur kapan kita tidur, makan, bangun, dan aktivitas lain. Irama sirkadian ini terbentuk selama ribuan tahun. Di era modern ini, jam biologis manusia cenderung bergeser.

Baca juga: Waspadai dan Kenali, Pemicu Risiko Kanker...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com