Kompas.com - 19/07/2018, 16:19 WIB
Ilustrasi makan bersama ThinkStock/Bobex-73Ilustrasi makan bersama

KOMPAS.com - Memperhatikan waktu makan malam selama ini lebih dikaitkan dengan upaya penurunan berat badan. Namun, menurut temuan terbaru waktu makan malam juga berhubungan dengan risiko kanker.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cancer mengungkap korelasi antara waktu makan malam dengan risiko kanker. Dalam hal ini adalah kanker payudara dan prostat yang menjadi penyebab kematian tertinggi pada pria dan wanita.

Disebutkan bahwa seseorang yang makan sebelum jam sembilan malam, atau beberapa jam sebelum tidur mengalami penurunan risiko kanker 20 persen daripada mereka yang makan di atas jam 10 malam.

Kehidupan modern telah mengakibatkan pola tidur dan jam makan bergeser. Kondisi tersebut dianggap berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Penelitian ini memang dilakukan terhadap orang kaukasia dengan pola hidup yang tentu saja berbeda dengan orang dari belahan dunia lain. Dengan kata lain, studi ini belum tentu bisa diterapkan di negara lain.

Studi ini dilakukan dengan mengikuti kebiasaan makan ribuan orang, termasuk waktu mereka makan malam, dan apakah para responden itu menderita kanker selama kurun waktu penelitian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum jelas apa kaitan antara waktu makan malam dengan risiko kanker, tetapi irama sirkadian ditengarai punya peran besar.

Irama sirkadian adalah "jam biologis" yang mengatur kapan kita tidur, makan, bangun, dan aktivitas lain. Irama sirkadian ini terbentuk selama ribuan tahun. Di era modern ini, jam biologis manusia cenderung bergeser.

Baca juga: Waspadai dan Kenali, Pemicu Risiko Kanker...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.