Kenali Ciri Pria Kuat yang Berhati Sensitif

Kompas.com - 19/07/2018, 20:00 WIB
Ilustrasi pria pedekate dengan wanitaThinkstock Ilustrasi pria pedekate dengan wanita

KOMPAS.com - Pria dan wanita memang memiliki banyak perbedaan dalam menyikapi suatu hal. Namun, jangan terjebak dengan stereotipe gender.

Terlanjur dicitrakan sebagai makhluk yang kuat, pada dasarnya pria juga memiliki sisi emosional, bahkan lebih besar dari wanita.

Tetapi, karena tuntutan sosial kebanyakan pria enggan menunjukkan emosinya secara terbuka. Mereka lebih suka memendamnya sendiri.

Ada beberapa sikap pria yang sering dianggap sebagai kuno dan pendiam, namun sebenarnya adalah pria sensitif.

Kelompok pria yang sensitif pada umumnya lebih kreatif, punya banyak akal, dan lebih berempati. Mereka juga lebih suka menghabiskan waktu dengan orang yang disayanginya dan tak segan melakukan pekerjaan domestik.

Kenali apa saja ciri khas pria berhati sensitif ini:

1. Sangat peduli pada hewan dan anak-anak
Mereka berminat pada hal-hal khas cowok, tetapi di lain pihak sangat menikmati waktunya bersama para keponakan atau anak kecil. Mereka juga suka terlibat dalam kegiatan relawan untuk perlindungan hewan atau hal sosial lainnya.

Baca juga: Mereka yang Sulit Ungkap Emosi, Ternyata Paling Emosional?

2. Menyembunyikan perasaan
Pria memang tak seperti wanita yang betah mencurahkan perasaannya kepada sahabat selama satu jam atau makan tiga potong cakes ketika sedih. Walau begitu, bukan berarti mereka tak punya emosi ketika ada sesuatu yang melukai hatinya. Bedanya, mereka cenderung menarik diri saat emosinya sedang turun.

3. Terbawa perasaan
Apakah si dia berhenti membalas pesan ketika sedang berargumen? Atau ia meninggalkan rumah saat kamu mengkritiknya?

Mereka gampang terbawa perasaan saat dikritik, jadi pilihlah kata-kata yang akan disampaikan dengan tepat.

4. Menyukai bidang pekerjaan yang membantu orang
Bidang pekerjaan itu antara lain mengajar atau menjalankan bisnis yang punya manfaat besar untuk lingkungan sekitarnya. Keuntungan pribadi bukan tujuan utamanya.

5. Punya prinsip kuat
Karena prinsip yang dimilikinya, mereka akan berpihak pada keadilan dan kebenaran. Tidak sekadar ikut-ikutan pendapat banyak orang.

6. Sikap menghargai
Mereka sangat menghargai orang lain, keluarga, orang tercinta, dan kehidupan. Pria tipe ini juga selalu ingin menyenangkan dan peduli dengan perasaan pasangannya.




Close Ads X