Kompas.com - 20/07/2018, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pemberian makanan pendamping ASI yang bergizi merupakan keharusan agar tumbuh kembang bayi lebih optimal. Salah satu yang wajib ada dalam menu MPASI adalah protein hewani.

Asam amino yang berasal dari protein hewani lebih lengkap untuk pertumbuhan tulang dan juga kecerdasan bayi.

Pentingnya protein hewani bagi tumbuh kembang bayi sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Salah satunya di Uganda, Afrika, yang membandingkan tinggi badan anak di dua desa, yakni desa yang memiliki pola makan vegan dan desa lain yang memiliki pola makan protein hewani.

Hasilnya, saat anak berusia 36 bulan, yang berasal dari desa pemakan daging memiliki tubuh lebih tinggi. Kadar lemak dalam tubuh anak juga lebih tinggi pada kelompok desa pemakan sayuran.

Menurut Dr.Damayanti R.Sjarif Sp.A(K), berdasarkan penelitian yang dilakukannya di Jakarta Pusat, ternyata banyak anak yang kurang mengasup protein hewani sesuai anjuran, yakni 75 gram sehari.

"Zat gizi krusial yang dibutuhkan anak untuk mencegah stunting atau tubuh pendek karena kurang gizi adalah asam amino esensial yang terdapat dalam protein hewani," papar Damayanti dalam acara diskusi media di Jakarta (18/7).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, protein nabati seperti tahu atau tempe juga mengandung asam amino esensial, tapi tidak lengkap.

Sumber protein hewani yang relatif murah dan banyak tersedia di sekitar kita antara lain telur, daging unggas, serta ikan.

Baca juga: Stunting, Anak Pendek karena Kurang Gizi

Asupan protein tidak bisa berdiri sendiri. Pada dasarnya, asupan anak harus lengkap dan seimbang. Tidak hanya protein tapi juga energi, karbohidrat, lemak, dan mikronutrisi (vitamin dan mineral).

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X