Kompas.com - 20/07/2018, 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiapkan bekal makanan untuk dibawa ke sekolah terkadang memang merepotkan. Namun, kebiasaan membawa bekal yang sehat sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK menyampaikan, penting untuk menjaga asupan gizi anak seimbang. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan kalori anak, sekitar 1.500-2.100 kalori per hari.

Apalagi kegiatan anak di sekolah bisa berlangsung hingga sore hari.

"Anak sekarang sekolah dari pagi, sampai rumah bisa jam 5 sore seperti orang kerja. Belum lagi ada les, ekstrakulikuler, ngaji, dan lainnya. Dan mereka masih dalam masa pertumbuhan," kata Dian dalam konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK dalam konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, Kamis (19/7/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK dalam konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, Kamis (19/7/2018).
Dengan membawakan bekal makan, orangtua bisa mengontrol asupan makan anak sehingga mereka tak sembarang jajan makanan yang tidak sehat. Sebab, anak belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk memilih makanan yang sehat bagi dirinya.

Mereka akan cenderung memilih makanan yang dianggap enak, ketimbang sehat.

Makan bekal pun cenderung lebih terjaga dari higienitasnya. Adapun kandungan gizi yang disertakan ke dalam bekal disesuaikan dengan kebutuhan anak.

"Jadi perlu ilmu dari si ibu untuk tahu makanan mana saja yang sehat untuk anak," kata Dian.

Ia menambahkan, anak harus mencukupi kebutuhan makan tiga kali sehari, di tambah dengn dua atau tiga kali makan selingan. Komposisi gizi di setiap waktu makan haruslah lengkap.

Seperti halnya piring makan, bekal makanan juga idelnya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan lainnya.

"Contoh, nasi goreng jangan nasi saja. Kasih telur dan potongan timun," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.