Kompas.com - 20/07/2018, 11:08 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Apakah saat ini kamu sedang menjalani program penurunan berat badan? Apakah kamu rutin menjadwalkan olahraga? Jika ya, berhasilkah cara itu?

Terkadang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga kardio, tetapi untuk turun 1 kg saja rasanya sulit. Wajar jika banyak orang mencari berbagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, kamu pasti ingin mencobanya, bukan? Memang tanpa olahraga berat badan tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi yang tidak memiliki waktu berolahraga, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan:

1. Mengunyah makanan pelan-pelan

Ilustrasi makan dekat Taj Mahal di Agra, Uttar Pradesh, Indiabyheaven Ilustrasi makan dekat Taj Mahal di Agra, Uttar Pradesh, India
Otak butuh waktu untuk memproses apa yang akan kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan.

Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan. Itulah yang disebut mindful eating.

Kamu mungkin sering merasa tidak benar-benar sadar ketika sedang makan karena otak berkelana memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi sehingga otak tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang.

Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit.

Ulasan dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition menemukan bahwa pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik jika dibandingkan dengan pemakan santai.

Baca juga: Mengapa Mengunyah Makanan Pelan Cegah Kegemukan?

2. Pakai piring kecil

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.