Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2018, 11:14 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com — Keinginan kaum urban untuk hidup sehat cukup besar. Menerapkan gaya hidup sehat, termasuk memperhatikan asupan vitamin, sudah menjadi kesadaran banyak orang.

Lembaga riset Frost and Sullivan pernah merilis penelitian yang menunjukkan tren industri makanan dan minuman kini bergeser lebih fokus ke generasi Y.

Di Asia, lebih dari 61 persen penduduk adalah generasi Y. Generasi yang lahir mulai tahun 1980-2000 ini memiliki kesadaran dan opini lebih kuat tentang produk makanan berikut kandungan nutrisinya.

Aktris Haruka Nakagawa, alumnus grup JKT 48, termasuk kelompok orang muda yang sangat memperhatikan kebutuhan nutrisi demi menjaga kebugaran tubuhnya.

"Saya selalu makan sayur, kalau enggak makan sayur, enggak bisa cantik," katanya setengah bercanda di acara peluncuran minuman vitamin Oronamin C di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wanita berusia 26 tahun yang menyukai olahraga lari ini juga tak pernah absen mengonsumsi suplemen vitamin C untuk mendukung aktivitasnya yang padat.

Aktris HarukaDok Otsuka Aktris Haruka
Butuh lebih

Vitamin termasuk ke dalam mikronutrien yang diperlukan dalam tubuh, fungsi vitamin cukup vital untuk mengaktivasi fungsi-fungsi tubuh. Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain vitamin C dan B.

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh antara lain mencerahkan kulit, menangkal zat karsinogen, sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas serta memelihara dan menjaga daya tahan tubuh.

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada dasarnya bisa didapatkan dari makanan yang kita asup sehari-hari.

Namun, pola makan manusia modern sering kali kurang sehat sehingga rentan mengalami kekurangan nutrisi.

"Sehari-hari kita kurang konsumsi buah dan sayur. Ditambah lagi lingkungan kita tinggi polusi, radikal bebas, dan stres. Karenanya butuh antioksidan atau vitamin C yang cukup," kata dr Marya Haryono SpGK.

Kebutuhan vitamin C orang dewasa menurut Angka Kebutuhan Gizi adalah sekitar 70-90 miligram per hari.

"Tapi, menurut penelitian terbaru, orang yang punya berbagai faktor risiko, misalnya sering terpapar asap rokok dan polusi, disarankan mengonsumsi vitamin C lebih tinggi lagi," kata Marya.

Menurut Marya, jika kekurangan vitamin ini, kita akan rentan terserang flu, gusi rapuh, serta tubuh mudah lelah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com