Kompas.com - 20/07/2018, 12:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiapkan bekal anak menjadi pekerjaan yang gampang-gampang susah. Jika anak tidak suka dengan bekal yang dibawakan, maka bisa jadi bekal tersebut justru tak dimakan.

Putri Indonesia 2004 sekaligus aktris, Artika Sari Devi berbagi tipsnya. Ia termasuk seorang ibu yang aktif dalam memberi bekal sekolah kedua anaknya, Sarah Ebiela Ibrahim (Ebi) dan Dayana Zoelie Ibrahim (Zoe).

Menurutnya, kreativitas adalah hal penting dalam menyiapkan bekal makan anak.

"Saya selalu tanya: "besok mau makan apa?". Misalnya, anak bilang besok mau olahraga jadi ingin yang lebih ringkas. Jadi memang harus kreatif," kata Artika dalam konferensi pers bersama Minute Maid di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Menyiapkan bekal sekolah anak baginya adalah tantangan tersendiri. Sebab, menurutnya bekal makan juga bisa menambah semangat anak pergi ke sekolah.

Kedua anaknya, kata Artika, menjadi ingin cepat sampai sekolah dan tak sabar menunggu waktu makan untuk membuka bekalnya.

Baca juga: Mengenalkan Nutrisi Seimbang Lewat Bekal Sekolah Anak

Selain kreativitas, Artika melihat hal penting lainnya adalah memahami kesukaan anak.

Namun, kesukaan tersebut harus seimbang dengan nutrisi makanan bekal itu sendiri.

"Makanan yang sehat sebenarnya bisa juga enak. Jadi jangan cuma kejar enak, tapi nutrisi diabaikan. Dua itu harus ada. Enak, menarik penyajiannya, dan memenuhi kebutuhan gizi anak," tutur istri penyanyi Ibrahim Imran alias Baim tersebut.

Baca juga: Pentingnya Bekal Bergizi untuk Anak Sekolah

Tantangan lainnya adalah ibu harus visioner, termasuk dalam hak menyiapkan bekal anak.

Salah satunya, menyiapkan makanan beku (frozen food) untuk disajikan cepat jika waktu membuat bekal tidak banyak.

"Bikin frozen food enggak pakai pengawet. Misal, kroket kentang yang ada daging, keju. Itu kan kuat untuk disimpan. Tinggal digoreng, cepat selesai," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.