Kompas.com - 23/07/2018, 06:12 WIB
Ilustrasi kunyit 14031857Ilustrasi kunyit
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit jugs dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit.

Penggunaan kunyit pada banyak produk kecantikan seperti masker diklaim mampu membantu mengatasi jerawat. Namun, benarkah penggunaan kunyit untuk jerawat terbilang ampuh?

Kunyit merupakan tanaman asli Asia yang memiliki warna khas yakni kuning-oranye. Dalam pengobatan India maupun Tiongkok, kunyit banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dari mulai gangguan pencernaan hingga radang sendi.

Pengobatan tradisional juga menggunakan kunyit untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti ruam popok, psoriasis, dan jerawat. Lantas, apa sebenarnya yang terkandung dalam kunyit?

Kunyit mengandung salah satu komponen aktif yang bernama kurkumin. Bahan yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat termasuk memiliki sifat antiradang.

Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan sifat antipenuaan yang bisa digunakan untuk mengobati radang sendi, diabetes, dan penyakit Alzheimer.

Baca juga: Temuan Baru, Kunyit Ternyata Ampuh Atasi Masalah Kepikunan

Meskipun kunyit termasuk salah satu obat herbal yang paling banyak diteliti, tetapi masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk melihat kandungan kunyit beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk jerawat.

Apakah ampuh menggunakan kunyit untuk jerawat?

.VIA THINKSTOCK .
Dalam hal mengatasi jerawat, kunyit termasuk salah satu bahan alami yang cukup dikenal dan dipercaya ampuh untuk masalah kulit yang satu ini. Kandungan kurkumin sebagai zat antiradangnya dipercaya berperan penting dalam mengusir jerawat.

Jerawat yang meradang disebabkan oleh bakteri Propionibacteria acnes (P. acnes). Dikutip dari Verywellhealth, penelitian yang dilakukan di laboratorium pada kulit hewan, kurkumin memang mampu membunuh bakteri P. acnes jauh lebih baik dibandingkan dengan obat jerawat asam azelaic.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X