5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Kompas.com - 23/07/2018, 16:33 WIB
Ilustrasi olahraga fizkesIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa saja yang kamu rasakan setelah olahraga? Pasti tubuh akan berkeringat dan jantung berdetak lebih kencang, bukan? Ya, itu adalah contoh reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh saat berolahraga.

Aktivitas fisik seperti olahraga membutuhkan energi dan gerakan sehingga otot dan sendi akan bekerja keras.

Otot membutuhkan darah dan oksigen ekstra sehingga jantung dan paru-paru juga akan ikut bekerja lebih intens dari biasanya. Begitu juga dengan kerja otak, ginjal, kulit, dan sistem pencernaan.

Semua aktivitas tersebut patut menjadi pertimbangan untuk memanjakan tubuh. Caranya dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Berikut tips relaksasi tubuh yang sehat setelah olahraga.

1. Berendam air hangat

Ilustrasi berendamJacek_Sopotnicki Ilustrasi berendam
Nyeri otot dan pegal-pegal menjadi efek samping langganan setelah olahraga. Apalagi jika kamu tidak melakukan aktivitas fisik ini secara rutin.

Ini normal terjadi karena otot mendapatkan banyak tekanan pada aktivitas tersebut. Untuk meredakan kondisi dengan memperbaiki dan memulihkan kembali otot, kamu bisa berendam dengan air hangat.

Panas dari air bisa meresap pada kulit, jaringan dan otot sehingga cocok untuk relaksasi tubuh. Berendamlah selama kurang lebih 20 menit. Jangan mandi terlalu lama, sebab bisa membuat kulit kering. Pastikan juga untuk banyak minum air putih sebelumnya.

2. Menggosok tubuh dengan scrub

Ilustrasi eksfoliasiartursfoto Ilustrasi eksfoliasi
Olahraga bisa membuat tubuh berkeringat sehingga kotoran lebih mudah menempel. Jadi, tidak ada salahnya sebelum berendam kamu berinisiatif membersihkan tubuh dengan scrub. Selain menghilangkan kotoran dan keringat, menggosok dengan scrub bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X