Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2018, 20:09 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Memiliki sepatu baru seringkali membuat kita kegirangan. Namun, tak jarang sepatu baru tersebut justru membuat kaki kita lecet saat dipakai pertama kali.

Ternyata ada trik untuk menghindari lecet kaki karena alas kaki baru. Tak hanya mencegah namun kita juga bisa mengobatinya dengan mudah.

Dermatolog asal New York, Dr. Debra Jaliman berbagi tipsnya.

1. Bubuhkan bedak

Menurut Jaliman, bedak tabur bisa membantu meminimalisasi gesekan antara kaki dan permukan sandal. Akan lebih baik jika kamu menemukan bedak yang tahan air sehingga tak mudah terhapus karena keringat.

2. Beri penghalang

Gunakan moleskin alias plester luka dan tempelkan pada bagian dalam sandal atau sepatu.
Jaliman menjelaskan, plester memiliki permukaan yang lembut dan empuk sehingga bisa menjadi penghalang gesekan kulit dengan permukaan sepatu.

Kita bisa memotong plester tersebut menjadi bagian kecil dan menempelkannya pada bagian yang diprediksi akan bergesekan dengan bagian sensitif kaki.

3. Menggunakan tanaman

Jangan khawatir jika kakimu sudah keburu lecet karena pemakaian alas kaki baru. Ada beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan luka lecet.

Kamu bisa memanfaatkan tanaman sebagai cara alami mengobatinya. Salah satunya menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti-peradangan sehingga dapat mengurangi dampak luka yang menimbulkan rasa sakit di kaki. Lidah buaya juga bisa membuat area yang luka tersebut lebih terasa sejuk.

Baca juga: Mencegah Kaki Lecet Karena Sandal Kulit

4. Memakai patch pereda jerawat

Kandungan hydrocolloid dressing sering digunakan untuk mengobati luka baring atau meredakan jerawat, namun juga bisa digunakan sebagai penyembuh luka lecet.

Patch hydrocolloid dressing yang tipis dan fleksibel memiliki tekstur seperti gel yang mampu menyerap bakteri dan nanah dari luka.

Patch hydrocolloid dressing bekerja sempurna untuk menutupi luka lecet yang iritasi dan mungkin mengeluarkan darah.

Halaman:
Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com