Hai Perempuan, Jangan Takut Ber-KB...

Kompas.com - 24/07/2018, 20:29 WIB
. VIA THINKSTOCK.

BANDUNG, KOMPAS.com - Banyak pasangan yang baru menikah langsung memikirkan rencana memiliki momongan. Namun tidak semua demikian.

Dokter Spesialis Kandungan dari Brawijaya Healthcare, Tirsa Verani mengatakan, idealnya rencana "ber- KB" harus sudah mulai dibicarakan jauh hari sebelum pasangan menikah.

Pasangan suami istri, menurut Tirsa, tak perlu terlalu lama berpikir. Apalagi, jika pasangan tersebut sudah berencana menunda kehamilan.

"Harus dipikirkan dari sebelum kita berencana untuk menikah. Seharusnya sudah ada rencana mau langsung punya anak atau menunda."

Demikian penjelasan Tirsa dalam diskusi #AndalanAktifit yang diselenggarakan oleh Andalan Kontrasepsi di Blackbird Hotel, Bandung, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: Pil Kontrasepsi Pria, Diklaim Aman dan Tak Ganggu Hasrat Seks

Terkait jumlah anak, tak jarang pasangan suami istri baru membicarakan ketika anak pertama lahir.

Ketika berkeinginan menunda kehamilan, mereka pun pada akhirnya terlambat melakukan upaya dan kehamilan pun keburu terjadi.

"Jangan sampai kelamaan mikir, lalu hamil lagi," tuturnya.

Ketika pasangan sudah yakin mau mulai menggunakan alat kontrasepsi, Tirsa menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, demi mengetahui alat kontrasepsi yang tepat dengan kondisi masing-masing.

Selain itu, perempuan juga harus mengetahui karakter pribadinya untuk memilih alat kontrasepsi yang sesuai.

Sebab, metode kontrasepsi sangat beragam.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X