7 Kebiasaan Sehat untuk Turunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 25/07/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi pria mengecek denyut nadi DaniloAndjusIlustrasi pria mengecek denyut nadi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Perubahan gaya hidup adalah langkah penting untuk menurunkan tekanan darah. Baik bagi mereka yang sudah didiagnosis hipertensi, masih prahipertensi, atau punya tekanan darah normal – kebiasaan sehat sehari-hari ini mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Selain itu, kebiasaan berikut juga membantu menurunkan risiko serangan jantung akibat hipertensi yang memburuk, sekaligus menunda, menghindari, atau mengurangi kebutuhan kita untuk mengonsumsi obat hipertensi.

Apa saja kebiasaan sehat yang bisa menurunkan tekanan darah?

1. Aktif bergerak

Ilustrasi berjalan di tanggaspukkato Ilustrasi berjalan di tangga
Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah. Jangan beralasan tidak punya waktu, karena olahraga sebenarnya sangat mudah dilakukan. Misalnya saat bertemu dengan teman, mengobrolah sambil jalan-jalan di taman atau museum.

Kita juga bisa naik ke ruang kelas atau kantor lewat tangga, bukan eskalator atau lift. Ketika jalan-jalan di mal, jangan hanya diam di eskalator. Panjat tangganya seolah naik tangga biasa.

Baca juga: 20 Cara Mudah Lebih Aktif Bergerak Selama di Kantor

2. Turunkan berat badan

Ilustrasi menimbang berat badanPhotodisc Ilustrasi menimbang berat badan
Nah, selain olahraga, mengurangi berat badan juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Jadi kalau trik-trik olahraga tadi belum cukup ampuh untuk mengurangi berat badan, coba olahraga yang lebih intens. Misalnya latihan di gym, jogging, bersepeda, berenang, atau yoga.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

3. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

ilustrasi rokokshutterstock ilustrasi rokok
Berhentilah merokok demi tekanan darah normal. Kurangi jumlah rokok setiap hari sampai bisa berhenti merokok sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X