Kompas.com - 25/07/2018, 11:37 WIB
Dari kiri ke kanan: Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek, Aktris Chelsea Olivia, dan dr.Natia Anjasari Sp.A di acara peluncuran kampanye 1000 Hari Perlindungan di Jakarta (23/7). KOMPAS.com/Lusia Kus AnnaDari kiri ke kanan: Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek, Aktris Chelsea Olivia, dan dr.Natia Anjasari Sp.A di acara peluncuran kampanye 1000 Hari Perlindungan di Jakarta (23/7).

KOMPAS.com - Tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya datang dari nutrisi, tetapi juga kebersihan atau higienitas.

"Apapun makanan yang kita berikan pada bayi, kebersihan adalah nomor satu. Baik kebersihan makanan bayi, maupun peralatan makannya,” kata dokter spesialis anak Natia Anjasari dalam acara peluncuran kampanye 1000 Hari Perlindungan yang digelar oleh Sleek Baby di Jakarta (23/7).

Dua penyakit yang sering diderita bayi, yaitu diare dan infeksi saluran napas atas (ISPA) mayoritas disebabkan karena kebersihan yang kurang terpelihara.

"Meski asupan nutrisi bayi bagus, semuanya percuma bila bayi sakit-sakitan, karena nutrisi yang masuk terbuang percuma, atau hanya dipakai untuk penyembuhan. Pada akhirnya, risiko stunting mengintai," ujar dokter dari RS Brawijaya Women and Children Hospital Jakarta ini.

Kebersihan yang utama menurut dr.Natia adalah kebersihan tangan. Kebiasaan ini wajib dimiliki orangtua atau pengasuh bayi, terutama sebelum memegang bayi, setelah membersihkan bayi, serta sebelum dan setelah memberikan makanan pada bayi.

Dr. Natia menyayangkan, banyak anak yang sakit hanya karena hal sepele. Misalnya karena orangtua lupa cuci tangan, atau anak memasukkan mainan dan dot yang sudah jatuh ke mulutnya, tanpa dibersihkan dulu.

“Itu yang paling sedih. Anak sudah dapat ASI dan MPASI bagus, tapi sakit-sakitan karena kebersihannya kurang,” tuturnya.

Dengan kebersihan yang baik, bayi pun akan memiliki daya tahan tubuh yang prima.

Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek menjelaskan, Sleek Baby mengutamakan ketenangan dan kenyamanan hati para ibu. Oleh karenanya, Sleek Baby meluncurkan kampanye Perlindungan Hari Pertama.

“Perlindungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para ibu mengenai 1000 hari pertama yang sangat berharga, apa perlindungan terbaik yang perlu dilakukan, serta rangkaian produk perlindungan yang paling tepat dan aman,” jelas Lidwina.

Ia menjelaskan, Sleek Baby memiliki rangkaian produk yang bisa mendukung upaya perlindungan bagi bayi, mulai dari produk sabun cuci tangan, pembersih botol dan alat makan, sabun, hingga detergen khusus bayi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.