Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman yang Direkomendasikan untuk Kurangi Lemak Perut

Kompas.com - 25/07/2018, 14:43 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Menyingkirkan lemak perut terkadang menjadi target khusus, terlepas dari masalah berat badan. Harus diakui, tak sedikit orang yang berat badannya terlihat ramping, tetapi lemak perutnya cukup banyak.

Lemak perut sebenarnya adalah lemak yang paling berbahaya. Orang dengan timbunan lemak di perut lebih berisiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya.

Selain olahraga dan mengatur pola makan, tak sedikit mitos yang mengaitkan konsumsi minuman tertentu dengan pembakaran lemak di perut. Untuk mengetahui faktanya, simak penjelasan dari ahli diet Jillian Kubala, MS, RD.

1. Air putih

"Air putih adalah salah satu minuman terbaik untuk menurunkan badan," kata Jillian.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi air putih terutama sebelum makan bisa mereduksi asupan kalori yang akhirnya membantu menghilangkan lemak perut berlebih.

Jika bosan dengan air putih biasa, tambahkan potongan buah segar atau mint untuk air detoks.

2. Kopi

Jillian merekomendasikan kopi untuk menurunkan berat badan. Kopi yang dimaksud tentunya adalah kopi hitam tanpa gula dan bukan kopi instan kemasan.

Kafein kerap dikaitkan dengan kesuksesan usaha penurunan berat badan dan bisa menjadi minuman yang efektif sebelum berolahraga.

Baca juga: Penyebab Lemak Perut Sulit Dihilangkan Walau Sudah Berusaha Keras

3. Matcha

Matcha alias bubuk teh hijau mengandung ketekin, yaitu antioksidan yang efektif meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

Di tambah lagi, kafein yang terkandung dalam bubuk teh hijau bisa menambah energi ketika berolahraga sehingga membuat olahraga lebih efektif.

Namun, ketika kamu mengonsumsi bubuk teh hijau, hati-hatilah jika mengolahnya menjadi matcha tea latte karena biasanya ditambah dengan banyak gula dan susu berkalori. Kalau sudah begini, usaha penurunan berat badan lebih sulit dicapai.

4. Teh jahe

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com