Mana yang Ampuh Buat Saya: Diet Keto Atau Diet Rendah Lemak?

Kompas.com - 26/07/2018, 12:12 WIB
Diet ketogenik ThitareeSarmkasatDiet ketogenik
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mereka yang memerhatikan berat badan, pasti sering bertanya-tanya, diet apa yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Nah, salah satu jenis diet yang akhir-akhir ini mendapat sorotan khusus adalah diet keto.

Diet keto yang sejatinya tinggi lemak ini pun akhirnya dibanding-bandingkan dengan diet yang lainnya yakni diet rendah lemak. Jadi di antara keduanya, mana jenis diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan?

Mengenal diet rendah lemak

Seperti namanya, diet rendah lemak adalah salah satu pola makan dengan jumlah lemak yang terbatas. Salah satu alasan orang menjalani pola makan ini adalah untuk membantu mengurangi asupan kalori dari lemak dan biasanya untuk memperbaiki kadar kolesterol dan trigliserida darah.

Standarnya, lemak yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebanyak 20-35 persen dari total kalori keseluruhan sehari. Lalu bagaimana diet pembatasan lemaknya?

Baca juga: Bagaimana Menentukan Diet yang Tepat?

Menurut Kemenkes RI, syarat diet rendah lemak dan kolesterol adalah membatasi lemak kurang dari 30 persen dari energi total per hari.

Namun, bukan hanya membatasi jumlah lemak saja, pemilihan jenis lemak pun wajib diperhatikan. Makanan jenis lemak baik sangat dianjurkan, sedangkan makanan dengan lemak jahat yang harus dikurangi. Syarat lainnya adalah asupan serat dalam sehari harus lebih dari 25 gram per hari.

Baca juga: Diet DASH Tak Cuma Atasi Lemak, tapi Juga Depresi, Benarkah?

Lemak memberikan jumlah kalori yang lebih tinggi daripada karbohidrat atau protein.

Setiap 1 gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan setiap 1 gram protein dan 1 gram karbohidrat mengandung masing-masing 4 kalori.

Itulah mengapa membatasi lemak bisa mengurangi jumlah kalori lebih banyak daripada membatasi jenis asupan gizi lainnya. Dengan begitu, kita pun lebih mudah mengurangi angka timbangan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X