Kompas.com - 26/07/2018, 14:43 WIB
Ilustrasi lari jarak jauh Pavel1964Ilustrasi lari jarak jauh
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bukan sekadar olahraga, lari maraton termasuk ke dalam aktivitas fisik yang cukup ekstrem.

Saat lari maraton kita setidaknya melakukan sekitar 30 ribu langkah. Pada setiap langkah, kaki akan menahan beban 1,5 sampai 3 kali lebih berat dari bobot tubuh normal. Jaraknya yang cukup jauh pun membuat olahraga ini tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Untuk itu, sebelum melakukannya kita butuh persiapan khusus yang matang dari mulai fisik hingga mental. Tak hanya persiapan, kita juga tidak boleh menyepelekan proses pemulihan setelah mencapai garis finish.

Pasalnya, proses pemulihan yang tepat membantu terhindar dari cedera dan berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Baca juga: Yakin Anda Sudah Cukup Kuat untuk Ikut Marathon?

Yang perlu dilakukan setelah lari maraton

1. Banyak minum

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi minum airbaiajaku Ilustrasi minum air
Setelah melakukan aktivitas berat yang banyak mengeluarkan keringat, ada baiknya untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang dengan banyak minum air.

Selain air putih, kita juga bisa mengonsumsi minuman olahraga yang mengandung elektrolit. Pasalnya, minuman olahraga membantu mengisi kembali natrium di dalam tubuh yang hilang melalui keringat.

Jumlah cairan yang dibutuhkan tergantung pada jarak lintasan yang telah ditempuh dan seberapa banyak kita berhenti minum di sepanjang perlombaan. Yang penting jangan melewatkan minum air karena bisa membuat dehidrasi.

Baca juga: Tanda Dehidrasi Tak Cuma Haus

2. Lakukan peregangan dan pendinginan

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.