Kompas.com - 26/07/2018, 16:45 WIB
Ilustrasi olahraga lari UberImagesIlustrasi olahraga lari

KOMPAS.com - Mendengarkan musik menjadi pilihan banyak orang untuk menemani aktivitas olahraga, terutama lari.

Berdasarkan survei yang dilakukan Runner’s World pada 2016, 61 persen responden mengatakan mereka mendengarkan musik sambil berlari. 82 persen di antaranya mendengarkan musik favorit mereka.

Namun, apakah kebiasaan mendengarkan musik saat lari baik atau buruk?

Sejak zaman kemunculan Walkman hingga kini, masih ada saja perdebatan dan riset ilmiah dari kedua belah pihak. Baik yang menilai mendengarkan musik adalah hal positif maupun pihak yang menilai sebaliknya.

Ada tiga alasan, mengapa mendengarkan musik saat lari adalah hal positif:

1. Bersemangat untuk lari

Ada kelompok pelari yang memang berlatih untuk menghadapi perlombaan, ada pula yang berlari untuk olahraga. Apapun latar belakangnya, seringkali jarak lari yang ditempuh tidak sedikit. Pada hari ketika kamu membutuhkan motivasi, daftar lagu pilihan bisa menjadi penyemangatmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Psikolog olahraga Costas Karageorghis, Ph.D mempelajari tentang dampak positif musik terhadap para atlet. Ia meyakini bahwa mendengar musik bisa membantu para pelari berada berupaya maksimal  menjalani rintangan di hadapannya.

"Musik mampu meningkatkan aspek positif dari mood seseorang, seperti kebahagiaan dan mengurangi aspek negatif, seperti ketegangan, kelelahan dan kebingungan," kata dia.

Sementara itu, riset The Journal of Strength and Conditioning Research menemukan, mendengarkan musik sebelum berlari atau lomba maraton akan membuat kita lebih bersemangat dan siap menghadapi tantangan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.