Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tampilan Seragam Defile Tim Indonesia di Asian Games 2018

Kompas.com - 26/07/2018, 19:57 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busana bergaya smart casual dan mengangkat unsur budaya nasional menjadi pilihan para atlet dan official Indonesia yang akan ditampilkan dalam defile di acara pembukaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Pada acara defile, tim Indonesia akan tampil menggunakan setelan blazer, t-shirt, dan celana panjang dalam corak warna merah putih. Busana para atlet dan official itu dirancang oleh label busana lokal, The Executive.

Kesan kasual namun modern ditampilkan misalnya lewat seragam atlet pria yang memadukan t-shirt aksen round neck warna putih, blazer lengan panjang warna merah serta celana panjang putih.

Sementara seragam untuk atlet perempuan terdiri dari t-shirt dengan kerah model V warna putih, blazer panjang double breast warna merah dan celana putih.

"Pemilihan double breast karena mengikuti tren saat ini. Selain itu, siluet blazer ini pun membuat tubuh terlihat slim," ujar General Manager Brand The Executive Rita Zulkaidarati di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Angkat budaya Indonesia

Garis siluet yang tegas dan tanpa aplikasi ornamen yang berlebihan pada blazer yang dipakai menguatkan persona androgini yang penuh daya tarik.

Aksentuasi dipusatkan pada sematan kancing, permainan garis serta komposisi saku yang esensial.

Untuk seragam atlet pria dilengkapi aksesori berupa pocket square.  Sedangkan seragam atlet perempuan dilengkapi scarf atau hijab.

Adapun aksesori tersebut menggunakan motif batik Parang menyerupai huruf S artistik yang merupakan simbol dari jalinan atau saling menjalin, menjadikan satu kesinambungan.

Baca juga: Momen Pembukaan Asian Games Bersinergi dengan Perayaan HUT RI Ke-73

Seragam defile Tim Indonesia di Asian Games 2018KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Seragam defile Tim Indonesia di Asian Games 2018
Bentuk huruf S juga disebut sebagai simbol dari riak ombak lautan yang tak pernah berhenti bergelombang.

"Motif Parang disimpulkan sebagai semangat yang tak akan pernah padam dan disimbolkan pula sebagai semangat untuk pantang menyerah," ujar Rita.

Sementara untuk khusus pocket square, motif Parang dipadukan dengan motif Nitik yang merupakan kombinasi dari corak bunga.

Motif Nitik yang geometris kerap dipakai pada acara atau seremoni akbar sebagai simbol keberkahan dan kemenangan.

"Kemunculan motif batik ini bagian dari mengangkat budaya Indonesia, yang mana dipadukan dengan gaya modern," kata Rita.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com