Apa yang Terjadi Jika Atlet Melakukan Diet Keto?

Kompas.com - 29/07/2018, 15:20 WIB
Ilustrasi olahraga jacoblundIlustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet keto adalah salah satu diet yang sedang populer saat ini karena efeknya yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa diet ini bisa meningkatkan performa atlet atau para olahragawan.

Namun apakah ini benar dan banyak bukti ilmiah yang mendukung hasil penelitian ini? Lantas bagaimana efek diet keto untuk orang yang memiliki jadwal latihan yang tinggi seperti atlet?

Diet keto adalah pengaturan makan yang dilakukan dengan mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat, tapi tinggi lemak dan jumlah protein yang cukup. Diet ini akan memaksa tubuh untuk mengganti bahan bakar yang biasa digunakan dari gula (karbohidrat) dengan lemak.

Teorinya dalam diet keto, jika seseorang tidak mengonsumsi karbohidrat (atau hanya sedikit saja), tubuh akan membakar lemak dan membuat kita akan cepat kehilangan massa lemak.

Baca juga: 6 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melakukan Diet Ketogenik

Penganut diet rendah karbohidrat biasanya hanya boleh mengonsumsi kurang dari 30 persen energi dari karbohidrat, sedangkan peserta diet keto hanya membolehkan 5 persen energi yang berasal dari karbohidrat. Sisanya didominasi oleh 75 persen lemak dan 20 persen protein dalam jumlah sedang.

Rata-rata orang yang melakukan diet rendah karbohidrat hanya mengonsumsi 50-150 gram karbohidrat per hari. Sedangkan atlet yang diet karbohidrat dapat mengonsumsi rata-rata 200 gram per hari.

Namun, orang dengan diet keto akan sangat membatasi karbohidrat hingga 30-50 gram per hari dengan kombinasi tinggi lemak.

Efek diet keto ini bisa berbeda-beda satu orang dengan yang lainnya. Ada yang mudah beradaptasi dengan perubahan penggunaan lemak sebagai energi, ada juga yang mengalami kesulitan.

Maka itu, diperlukan adaptasi yang baik sesuai dengan kemampuan tubuh beradaptasi menggunakan lemak.

Bagaimana efek diet keto untuk para olahragawan? Apa bermanfaat?

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X