Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2018, 09:55 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlari sudah menjadi gaya hidup saat ini. Orang tidak sekedar berlari untuk menjadi sehat, namun juga untuk bersosialisasi, berkumpul, dan berbagi ilmu.

Namun meski terdengar sederhana, sebagian orang bingung bagaimana memulai berlari. Beberapa tidak tahu teknik berlari yang benar, beberapa kesulitan menjaga semangat karena tidak punya teman lari, lainnya lagi merasa kesepian kalau berlari sendiri.

Nah, untuk yang ingin mendapat teman berlari, jangan khawatir. Saat ini ada banyak komunitas lari di Jakarta dan sekitarnya, termasuk di kota-kota lain. Salah satunya adalah adidas Runners.

Komunitas yang baru diperkenalkan di Jakarta ini merupakan bagian dari komunitas global adidas Runners. Tak sekedar berkumpul dan lari, namun komunitas ini memiliki misi untuk menginspirasi lebih banyak orang agar hidup sehat dan seimbang melalui olahraga lari.

Selain itu, adidas Runners juga menggunakan pendekatan holistik yang menunjang performa lari serta memaksimalkan manfaat yang didapat.

“Lari merupakan olahraga yang mudah dilakukan, namun di adidas, kami percaya bahwa ‘Through Running, We Have the Power to Change Lives’," kata Ivon Liesmana, Senior Brand Activation Manager adidas Indonesia, seusai lari pagi sekaligus memperkenalkan adidas Runners di Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Baca juga: Melawan Sampah Plastik, Berlari hingga Pakai Sedotan Bambu

"Sayangnya, kami melihat masyarakat belum merasakan manfaatnya secara penuh. Maka kami ingin komunitas ini dapat menginspirasi masyarakat untuk tidak hanya sekedar berlari, tapi mengkomunikasikan pentingnya lari dengan teknik benar, latihan yang dibutuhkan, serta nutrisi yang tepat karena lari dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita,” lanjutnya.

Para coach adidas Runnersadidas Para coach adidas Runners
Manfaat lari itu antara lain dirasakan oleh Fajar Arifan, penggebuk drum band Alexa. Fajar mulai berlari tahun 2011 dalam sebuah acara yang diselenggarakan adidas. Waktu itu ia bukanlah orang yang terbiasa olahraga dan berat badannya mencapai 80 kilogram lebih.

"Namun saat itu menjadi momen penting yang mengubah saya. Saya jadi tertantang untuk terus berlari dan menjadi sehat. Bahkan saat ini lari menjadi terapi bagi saya untuk menjaga agar tetap waras," ujar Fajar yang kini sedang bersiap mengikuti lomba Ironman di Langkawi.

Fajar sendiri tidak menyangka, dirinya yang dahulu sama sekali tak pernah olahraga, saat ini akan menghadapi Ironman ke-empat yang pernah diikutinya. Lomba ini meliputi berenang di laut sejauh 3,8 kilometer, bersepeda 180 kilometer, dan lari 42,2 kilometer. "Semua berawal dari lari tahun 2011 itu," ujarnya.

“Sebelum berlari, saya sering begadang dan mudah letih. Sejak rajin berlari, pola tidur jadi lebih baik, lebih berenergi dan tidak lagi mudah sakit. Saya pun berharap dengan adanya adidas Runners Jakarta ini akan lebih banyak orang yang ikut berlari dan mengubah hidupnya seperti saya,” kata Fajar.

 

#adidasrunnersjakarta - @adidasindonesia #adidasindonesia #adidasrunning

A post shared by Fajar Arifan (@fajaralexa) on Jul 9, 2018 at 7:15pm PDT

Berangkat dari inspirasi yang mengubah hidup orang itu, adidas Runners menjadi komunitas lari yang tidak hanya mengajak masyarakat berkumpul lalu berlari bersama, akan tetapi memiliki program-program yang menekankan pentingnya teknik lari, strength training, serta informasi akan nutrisi.

Secara keseluruhan, adidas Runners Jakarta memiliki lima program utama yang diadakan setiap bulan.

Program-program ini adalah Thursday Night Run, lari hari Kamis malam di pusat kota Jakarta; Sunday Morning Run, lari pada Minggu pagi dengan jarak jauh di pusat kota Jakarta;

Beginner Runners Workshop, yang berfokus kepada Pendidikan teknik dasar bagi pelari pemula; Advance Runners Workshop yang mengajarkan latihan-latihan lebih lanjut untuk berlari lebih efisien bagi pelari berpengalaman;

Lalu Strength Training for All Runners yang bertujuan untuk menguatkan mobilitas dan fleksibilitas para pelari.

Minat bergabung? Nah, adidas Runners adalah komunitas lari yang terbuka bagi siapa saja, termasuk bagi pelari pemula. Kamu bisa langsung bergabung ke grup Facebook adidas Runners Jakarta untuk informasi lebih lanjut dan aktivitasnya setiap bulan.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Runtastic agar bisa mendaftar ke setiap aktivitas adidas Runners Jakarta.

Aplikasi ini membuat setiap anggota adidas Runners di berbagai negara dapat berlari bersama dan melihat event lari yang sedang berlangsung di masing-masing negara. Asyik kan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com