Ukuran Payudara Ikut Menyusut Saat Berat Badan Turun

Kompas.com - 01/08/2018, 09:53 WIB
IlustrasiThinkstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh berat badan. Makanya, ketika berat badan turun biasanya payudara akan sedikit menyusut.

Penyebab lain dari perubahan ukuran payudara adalah perubahan hormon, asupan kafein, bahkan asupan karbohidrat. Namun, berat badan berpengaruh paling besar.

Menurut penjelasan Dr.Kristamarie Collman, dokter keluarga tersertifikasi, payudara mayoritas terdiri dari jaringan lemak.

"Meski begitu, wanita menyimpan lemak di bagian tubuh berbeda, seperti perut dan dada. Ketika lemak hilang, tidak ada area tubuh khusus yang paling terlihat bedanya," kata Collman.

Dengan kata lain, lemak di seluruh bagian tubuh, terutama tempat berkumpulnya lemak, paling terdampak. Hal ini menjelaskan mengapa usaha penurunan berat badan untuk bagian tertentu saja, misalnya perut, sering sulit dilakukan.

Yang bisa kita lakukan adalah mengencangkan bagian yang ditargetkan tersebut dan menurunkan berat badan. Sehingga, lemak akan digantikan oleh otot. Tak terkecuali jika kita ingin fokus pada bagian dada.

Personal trainer tersertifikasi, Esther Avant menyarankan untuk memilih olahraga spesifik untuk membantu menguatkan dan mengencangkan bagian dada agar ukuran bra tidak menjadi kecil.

"Mungkin akan membuat frustasi memikirkan bahwa ukuran payudara akan menyusut seiring dengan turunnya berat badan kita," kata Avant.

Untuk itu, ia menyarankan olahraga seperti push up, chest press dengan dumbbell atau barbell dan chest flies dengan dumbbell atau cable.

"Jenis olahraga tersebut bermanfaat membangun otot di bagian dada," ujarnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X