Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2018, 09:53 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh berat badan. Makanya, ketika berat badan turun biasanya payudara akan sedikit menyusut.

Penyebab lain dari perubahan ukuran payudara adalah perubahan hormon, asupan kafein, bahkan asupan karbohidrat. Namun, berat badan berpengaruh paling besar.

Menurut penjelasan Dr.Kristamarie Collman, dokter keluarga tersertifikasi, payudara mayoritas terdiri dari jaringan lemak.

"Meski begitu, wanita menyimpan lemak di bagian tubuh berbeda, seperti perut dan dada. Ketika lemak hilang, tidak ada area tubuh khusus yang paling terlihat bedanya," kata Collman.

Dengan kata lain, lemak di seluruh bagian tubuh, terutama tempat berkumpulnya lemak, paling terdampak. Hal ini menjelaskan mengapa usaha penurunan berat badan untuk bagian tertentu saja, misalnya perut, sering sulit dilakukan.

Yang bisa kita lakukan adalah mengencangkan bagian yang ditargetkan tersebut dan menurunkan berat badan. Sehingga, lemak akan digantikan oleh otot. Tak terkecuali jika kita ingin fokus pada bagian dada.

Personal trainer tersertifikasi, Esther Avant menyarankan untuk memilih olahraga spesifik untuk membantu menguatkan dan mengencangkan bagian dada agar ukuran bra tidak menjadi kecil.

"Mungkin akan membuat frustasi memikirkan bahwa ukuran payudara akan menyusut seiring dengan turunnya berat badan kita," kata Avant.

Untuk itu, ia menyarankan olahraga seperti push up, chest press dengan dumbbell atau barbell dan chest flies dengan dumbbell atau cable.

"Jenis olahraga tersebut bermanfaat membangun otot di bagian dada," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com