Mengatasi Masalah Kulit Akibat Paparan Debu dan Polusi

Kompas.com - 01/08/2018, 11:53 WIB
Ilustrasi polusi udara DragonImagesIlustrasi polusi udara
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kuman, asap kendaraan, maupun debu merupakan segelintir faktor yang memicu timbulnya masalah kulit. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama mereka yang sebagian besar waktunya dihabiskan di luar rumah.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang paham akan bahaya dari paparan debu dan polusi yang rentan merusak kesehatan kulit.

Memangnya, apa efek dari bakteri, debu, serta polusi terhadap kesehatan kulit? Dan bagaimana penanganan yang tepat? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Kulit adalah bagian terluar dan terluas tubuh yang berfungsi sebagai penghalang tubuh dari kuman, debu, hingga polusi. Singkatnya, sebelum berbagai kotoran masuk ke dalam tubuh, kulit akan terlebih dahulu menjalankan salah satu tugasnya, yakni melindungi tubuh.

Itu sebabnya, beragam masalah kulit dapat dengan mudah menyerang jika kita tidak pandai menjaga kebersihan kulit tubuh.

Baca juga: Polusi Udara Juga Merusak Kulit

 

Seperti yang dijelaskan oleh Doris Day, MD, seorang profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center, serangan debu dan polusi dapat mengakibatkan perubahan warna kulit, warna kulit tidak merata, sekaligus mempercepat penuaan kulit.

Pernyataan tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology, yang melakukan perbandingan terhadap orang yang telah tinggal di kota dan desa selama 24 tahun.

Hasilnya membuktikan bahwa mereka yang lebih sering terkena debu dan polusi, lebih rentan untuk memiliki bintik-bintik gelap dan kerutan pada kulit. Ini menunjukkan kalau ternyata matahari bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan kulit.

Bagaimana kulit bisa rusak “hanya” karena polusi udara?

Ilustrasi polusi udaranicoletaionescu Ilustrasi polusi udara
Partikel-partikel terkecil dari debu, asap, dan polutan yang berasal dari knalpot kendaraan maupun hasil pembakaran, dilepaskan dengan bebas ke udara.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X