Yang Terjadi Saat Berhenti Konsumsi Pemanis Buatan

Kompas.com - 01/08/2018, 15:59 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pemanis buatan seringkali terdapat dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan dan minuman pabrikan yang menggunakan pemanis buatan di antaranya adalah sereal, permen karet, minuman diet, hingga yogurt.

Walau studi-studi tentang bahaya pemanis buatan masih terus dilakukan dan belum ada kesimpulan, namun ada baiknya kita membatasi konsumsinya.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa pemanis buatan bisa berdampak negatif bagi tubuh:

1. Menghambat penurunan berat badan

Banyak orang enggan mengkonsumsi banyak kalori namun ingin tetap kenyang, sehingga mereka memilih soda diet dan hanya makan berat di malam hari.

Pakar metabolisme dan penurunan berat badan Caroline Caderquist, MD menjelaskan, dengan pola makan seperti itu kenaikan berat badan tetap terjadi meskipun total asupan kalori tidak banyak.

Sebab, makanan yang mengandung pemanis buatan bisa memicu pelepasan insulin karena tubuh mengharapkan sesuatu yang manis. Adapun insulin adalah hormon yang membantu menyimpan lemak.  Untuk menghindari lonjakan insulin, makanlah dalam porsi kecil tapi sering.

2. Menambah berat badan

Ketika kita mengganti soda diet atau latte bebas gula dengan minuman mengandung gula asli, sebenarnya kita hanya menambahkan kalori kosong. Maksutnya, kadar kalori tinggi tetapi nutrisinya tidak ada. Hal ini lama-lama menambah berat badan.

Bagaimana menghindarinya? Ganti minuman "diet" dengan air putih atau teh herbal tanpa pemanis.

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, serat dan lemak sehat untuk menjaga perut tetap kenyang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X