4 Efek Menguntungkan Turun Berat Badan untuk Kehidupan Seks

Kompas.com - 01/08/2018, 21:22 WIB
Jangan menggangguEyecandy Images Jangan mengganggu

KOMPAS.com - Kebanyakan orang berusaha menurunkan berat badan demi mendapatkan bentuk tubuh ideal sekaligus menghindari risiko penyakit kronis.

Namun tanpa disadari, efek berkurangnya berat badan dari diet dan olahraga rutin yang selama ini kita tekuni juga berdampak baik pada kepuasan seks — membuat seks lebih menggairahkan! Mengapa begitu?

Leah Millheiser, MD, direktur Female Sexual Medicine Program di Standford Health Care, mengungkap bahwa penurunan berat badan tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, tapi juga memperbaiki sistem hormon tubuh yang berpengaruh pada gairah dan kepuasan seksual seseorang.

Baca juga: Bagaimana Kecemasan Bisa Mematikan Gairah untuk Bercinta

Berikut ini adalah manfaat menggoda yang bisa kita rasakan di ranjang saat bermesraan dengan pasangan setelah sukses menurunkan berat badan.

1. Lebih mudah mencapai orgasme

Sudah bukan rahasia lagi bahwa wanita lebih sulit mencapai orgasme daripada pria. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine tahun 2014, hanya sekitar 63 persen wanita mengalami orgasme saat berhubungan seks. Sebaliknya, hampir 99% pria bisa sukses orgasme dan ejakulasi setiap kali bercinta.

Masalah sulit orgasme akan terasa lebih parah jika kamu mengalami kelebihan berat badan karena tumpukan lemak berlebih menghambat aliran darah ke seluruh tubuh – termasuk aliran darah menuju alat kelamin.

Ketika kelamin tak cukup dialiri darah, maka seseorang akan lebih sulit terangsang dan mencapai orgasme saat berhubungan seks.

Saat berat badan turun, aliran darah ke seluruh tubuh akan lebih lancar. Alhasil, kita menjadi lebih sensitif sehingga lebih mudah mencapai orgasme yang selama ini diidam-idamkan.

Baca juga: 6 Alasan Wanita Memalsukan Orgasme

2. Semakin pede dengan badan sendiri

Ilustrasi menggodaLightFieldStudios Ilustrasi menggoda
Tidak dapat dipungkiri bahwa berat badan berlebih, gelambir lemak di lengan, serta perut buncit bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang yang akhinya justru mematikan gairah seksnya.

Masalah psikologis adalah salah satu faktor yang menyebabkan urusan ranjang pasangan jadi hambar. Pasalnya kita mungkin minder dengan fisik kita dan takut tampak tidak menarik di hadapan pasangan sehingga merasa enggan atau menolak bercinta karena merasa tidak bisa memuaskan pasangan.

Begitu berat badan turun, kita tentu akan semakin percaya diri dan belajar lebih mencintai diri sendiri. Hal ini membuat kita makin nyaman dengan tubuh sendiri dan lebih pede ketika berhubngan seks. Alhasil, urusan di ranjang kembali panas dan menggairahkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X