Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/03/2022, 18:08 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Dari kita kecil, saat masih bayi bahkan, kita sudah diperkenalkan dengan berbagai jenis atau genre musik. Mungkin tidak sebanyak sekarang, tapi setidaknya dari kecil banyak dari kita sudah kenalan dengan musik.

Kamu pasti setuju kalau mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood dan lebih mewarnai hari-hari saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau tempat hangout, mungkin.

Apalagi sekarang sudah semakin mudah kita mendengarkan musik atau menonton festival musik, karena perkembangan teknologi sudah memungkinkan kita untuk mendengarkan musik lewat berbagai gadget di mana pun kita berada.

Para ilmuwan dari University of Missouri menemukan bahwa benar adanya musik mempengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya.

Baca juga: Menurut Studi, Nonton Konser Musik Tiap Dua Minggu Bikin Bahagia

“Hasil penelitian kami mendukung apa yang banyak orang telah lakukan: mendengarkan musik untuk meningkatkan mood mereka,” tulis pimpinan ilmuwan dan penulis Yuna Ferguson dalam rilis pers seperti dikutip dari HealthLine.com.

Berdasarkan riset yang dilakukan Ferguson, yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood mereka dan meningkatkan keseluruhan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu, dengan cara mendengarkan musik.

Dalam studinya, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka, tapi ini hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland, dan kurang berhasil dengan musik yang sedikit mellow dari Stravinsky.

Peserta lainnya, yang diminta mendengarkan musik tanpa tujuan mengubah mood, tidak melaporkan peningkatan kebahagiaan.

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Mengusir Stres?

“Orang-orang bisa lebih fokus menikmati pengalaman mereka dalam perjalanan menuju kebahagiaan, dan tidak terpaku pada tujuannya,” ujar Ferguson.

15 genre musik yang bisa mempengaruhi mood

Ilustrasi mendengarkan musikPongsakornJun Ilustrasi mendengarkan musik
Berdasarkan apa yang dipublikasikan di Mamiverse.com, para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendengarkan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh menghasilkan dopamin.

Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Ada 15 genre atau jenis musik yang bisa kita dengarkan dan semuanya akan mempengaruhi mood.

Tergantung seperti apa kondisi atau mood yang kamu rasakan sekarang, tapi ketika mendengarkan semua genre tersebut atau beberapa di antaranya saja, mood akan jadi lebih pas. Selamat mencoba!

Blues

Jika merasa sedikit gugup atau gelisah, mendengarkan musik blues sepertinya bisa membantu. Ritme musikn blues bisa sedikit memperlambat detak jantung dan membuat perasaan tenang.

Rock & punk

Musik satu ini memang enerjik dan bisa mendorong tingkat mood. Jika kamu menikmati musik rock dan punk, adrenalin dan dorongan energi akan jauh meningkat. Rasanya membuat ingin mengangguk dan berjingkrak-jingkrak!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com