Berburu Cinta di Aplikasi Kencan Online, Perhatikan 8 Tips Aman Ini!

Kompas.com - 04/08/2018, 12:00 WIB
IlustrasiThinkstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai aplikasi kencan online bisa ditemukan di dunia maya. Mereka yang menjajal aplikasi ini punya beragam tujuan. Ada yang iseng, ada pula yang serius mencari cinta dengan cara yang berbeda. 

Tidak ada yang salah dengan bermain aplikasi kencan online. Namun, interaksi di dunia maya seharusnya didasari pemahaman bahwa ada batasan-batasan yang harus dijadikan pegangan sehingga terhindar dari risiko kejahatan siber.

Koordinator Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japeledi) Novi Kurnia mengatakan, kemampuan literasi digital yang memadai harus dimiliki oleh mereka yang ingin "masuk" dalam aplikasi kencan online ini.

“Idealnya, setiap orang yang berinteraksi dengan orang lain melalui media digital sebaiknya mempunyai kemampuan literasi digital yang memadai. Demikian pula ketika orang menggunakan aplikasi kencan online,” kata Novi.

Kemampuan literasi dibutuhkan untuk meminimalisasi kemungkinan kejahatan digital yang timbul akibat penyalahgunaan informasi pribadi yang dibagikan oleh pengguna di akun kencan online miliknya.

Nah, 8 tips aman ini bisa Anda jadikan pegangan dalam berinteraksi di aplikasi kencan online:

1. Sadar tujuan

Pengguna memahami tujuan penggunaan aplikasi ini adalah untuk menjalin hubungan cinta dan atau fisik dengan pengguna lain.

Tidak jarang, hubungan yang dibangun secara virtual melalui aplikasi juga dapat berlanjut hingga ke dunia nyata, sehingga banyak yang menyebut aplikasi ini sebagai aplikasi jodoh online.

2. Usia dewasa

Mereka yang berinteraksi di aplikasi semacam ini sebaiknya yang sudah berusia dewasa, minimal 18 tahun. Atau, sesuai dengan batasan usia yang ditentukan masing-masing aplikasi.

Pada usia ini, secara psikologis pengguna dianggap sudah matang dan memahami kebutuhannya dalam menjalin perkenalan secara virtual.

3. Baca syarat dan ketentuan

Halaman:



Close Ads X