Kompas.com - 06/08/2018, 09:05 WIB
Pickle atau acar mentimun ANTONUKPickle atau acar mentimun

KOMPAS.com - Ada banyak pendapat soal asupan yang tepat setelah berolahraga. Masing-masing mengklaim bisa memulihkan nyeri otot lebih cepat, termasuk jus acar. 

Minuman ini bagi sebagian orang dianggap sebagai asupan tepat setelah berolahraga, karena efeknya yang bisa memulihkan dengan cepat. Padahal, pakar menyebut minuman ini sebenarnya hanya berisi garam.

“Acar adalah metode mengawetkan mentimun ke dalam air dan garam selama beberapa waktu. Jus yang tersisa adalah campuran air, garam dan jus mentimun itu sendiri,” ungkap pakar nutrisi Natalie Rizzo.

Dia menambahkan, selama aktivitas fisik berat—biasanya lebih dari satu jam—atau olahraga dengan kondisi panas, seorang atlet akan banyak berkeringat dan kehilangan elektrolit (sodium dan potasium).

Karena itu, agar tidak kehilangan tenaga dan menjaga kinerja tubuh, maka perlu segera mengganti elektrolit. 

Jadi, misalnya kita banyak berkeringat saat CrossFit, kita mungkin menginginkan sesuatu dengan rasa asin.

Baca juga: Cegah Dehidrasi Dengan Konsumsi 11 Sayur dan Buah Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena sangat asin, jus acar mengandung banyak natrium, serta jumlah yang lebih kecil dari kalium dan magnesium, menurut nutrionist Elizabeth Ann Shaw.

Ada pun dengan mengisi ulang elektrolit, kamu dapat kembali bersemangat ketika merasa lelah, serta rehidrasi dengan cepat.

Jus acar pun dapat memerbaiki pencernaan. 

“Proses pengawetan (alias fermentasi) menciptakan kultur hidup (probiotik) dalam jus, sehingga jusnya mungkin baik untuk kesehatan usus,” kata Shaw.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.