Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Jus Acar Percepat Pemulihan Setelah Olahraga?

Kompas.com - 06/08/2018, 09:05 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Ada banyak pendapat soal asupan yang tepat setelah berolahraga. Masing-masing mengklaim bisa memulihkan nyeri otot lebih cepat, termasuk jus acar. 

Minuman ini bagi sebagian orang dianggap sebagai asupan tepat setelah berolahraga, karena efeknya yang bisa memulihkan dengan cepat. Padahal, pakar menyebut minuman ini sebenarnya hanya berisi garam.

“Acar adalah metode mengawetkan mentimun ke dalam air dan garam selama beberapa waktu. Jus yang tersisa adalah campuran air, garam dan jus mentimun itu sendiri,” ungkap pakar nutrisi Natalie Rizzo.

Dia menambahkan, selama aktivitas fisik berat—biasanya lebih dari satu jam—atau olahraga dengan kondisi panas, seorang atlet akan banyak berkeringat dan kehilangan elektrolit (sodium dan potasium).

Karena itu, agar tidak kehilangan tenaga dan menjaga kinerja tubuh, maka perlu segera mengganti elektrolit. 

Jadi, misalnya kita banyak berkeringat saat CrossFit, kita mungkin menginginkan sesuatu dengan rasa asin.

Baca juga: Cegah Dehidrasi Dengan Konsumsi 11 Sayur dan Buah Ini

Karena sangat asin, jus acar mengandung banyak natrium, serta jumlah yang lebih kecil dari kalium dan magnesium, menurut nutrionist Elizabeth Ann Shaw.

Ada pun dengan mengisi ulang elektrolit, kamu dapat kembali bersemangat ketika merasa lelah, serta rehidrasi dengan cepat.

Jus acar pun dapat memerbaiki pencernaan. 

“Proses pengawetan (alias fermentasi) menciptakan kultur hidup (probiotik) dalam jus, sehingga jusnya mungkin baik untuk kesehatan usus,” kata Shaw.

Cara lain untuk menikmati jus acar

Jika tidak menyukai jus acar dengan cara diminum, kamu bisa menikmatinya lewat makanan. Shaw mengungkapan jus acar dapat dimanfaatkan sebagai penambah rasa saat memanggang daging. 

Selain itu, jus acar bisa digunakan sebagai bumbu untuk daging. Caranya mudah, rendam sepotong daging dengan jus acar seperlunya untuk melapisi daging. Lalu, simpan di lemari es selama 1 - 3 jam agar bisa meresap.

Baca juga: Susu Cokelat Ampuh Kembalikan Energi Pasca Olahraga

Jus acar pun bisa digunakan untuk sayuran lain seperti parutan kubis, wortel, atau lobak.

Bahkan, bisa digunakan membuat telur rebus, menurut Dana Angelo White. Umumnya, telur direbus dalam air mendidih dengan satu sendok makan cuka.

Sebagai gantinya, cuka tersebut bisa diganti dengan jus acar, sehingga bisa membuat telur lebih asinn dan membuat stimulan di pagi hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com