Kompas.com - 08/08/2018, 11:43 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kebutuhan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari bukan hanya pada orang dewasa, tapi semua usia, termasuk anak-anak.

Itu sebabnya, saat beraktivitas di bawah sinar matahari mereka juga perlu memakai tabir surya. Apalagi menurut penelitian, efek pemakaian tabir surya di usia anak-anak berpengaruh sampai jangka panjang.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, penggunaan tabir surya secara rutin di usia anak bisa mengurangi risiko kanker melanoma ketika dewasa hingga 40 persen.

Studi yang dilakukan para peneliti dari University of Sydney tersebut mengumpulkan 1.700 orang yang tergabung dalam Australian Melanoma Family Study.

Para ahli meneliti keterkaitan penggunaan tabir surya dengan risiko melanoma pada orang  berusia kurang dari 40 tahun.

Penulis studi sekaligus peneliti post-doctoral University of Sydney, Dr. Caroline Watts mengatakan kepada Healthline, warga Australia berusia 18-40 tahun yang rajin mengenakan tabir surya ketika masih di usia anak-anak mampu mengurangi risiko perkembangan kanker melanoma hingga 40 persen dibanding yang tidak.

Watts dan koleganya menemukan, mereka yang menggunakan tabir surya secara rutin akan mendapatkan manfaat yang terbesar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang dimaksud "rutin" adalah seseorang yang selalu mengaplikasikan tabir surya atau hampir setiap waktu ketika berada di bawah paparan sinar matahari.

Bahaya sinar matahari bagi anak

Selain berdampak pada kulit ketika dewasa, ada alasan lain mengapa anak-anak membutuhkan perlindungan dari matahari.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.